Keluarga Besar Kelas E Angkatan VI di PUSTEKKOM, 15 Desember 2011
(nupus, iyob, dewi, ina, esa, endang, ria, aina, khatib, samsudin, saripudin,
pemandu dari PUSTEKKOM, haryadi, mamad, didin, mamat, hazairin)
(pak deni, pak sabik & bu neneng tidak ada difoto)


Perubahan daftar tugas matakuliah pak Hadi Sutopo

Senin, 19 Maret 2012

Setelah menjelaskan materi mengenai pembuatan animasi dengan menggunakan program macromedia flash 8, beliau memberikan copy softwer tersebut.

Sekaligus mencopykan daftar tugas yang lengkap sampai akhir semester.  Daftar tugas tersebut dapat di download disini

Mengembangkan pembelajaran mikro (matakuliah pak Robinson)

Senin, 19 Maret 2012

Pada pertemuan ke-3 ini, Dr. Robinson menyampaikan materi desain pembelajaran (mengembangkan pembelajaran mikro).  Materi lengkapnya dapat di download disini


Diakhir pertemuan beliau memberikan tugas individu yaitu :

Coba Anda rumuskan !!
Tujuan matapelajaran yang Anda kelola, dengan
ketentuan sebagai berikut.
Rumusan:
q      Merupakan target akhir dari matapelajaran
q      Mengandung beberapa kompetensi khusus
q      Hasil belajar harus dapat diukur dan diamati  

Mata Pelajaran          :   ………………………………………
Sasaran                       :   ………………………………………
Tujuan Ins. Umum      :   ………………………………………
                                        ………………………………………
                                        ………………………………………

Kiat menghidupkan presentasi (matakuliah pak Uwes)

Senin, 19 Maret 2012

Pertemuan ke-3 ini diawali dengan presentasi tugas masing-masing kelompok mengenai penentuan strategi pembelajaran dengan dan pemilihan media yang relevan.

Setelah semua kelompok melaksanakan presentasi, beliau memberikan materi mengenai :
BAGAIMANA kiat mengHIDUPkan media presentasi menjadi lebih HIDUP!!

Materi lengkapnya bisa didownload disini
.

Daftar Tugas Kelompok matakuliah pak Budi

Senin, 19 Maret 2012

Pada pertemuan ke-3, Dr. Budi Kustoro, M.Pd selaku dosen matakuliah evaluasi pembelajaran memberikan tugas perkelompok (2 orang) yaitu :

  1. Prinsip, pengertian dan hakekat penilaian, evaluasi dari pengukuran dan etika tes
  2. Merencanakan tes, mengkonstruk tes dan butir soal
  3. Administrasi tes
  4. Skala pengukuran
  5. Alat pengukuran (non tes)
  6. Validitas (butir dan tes)
  7. Reliabilitas (butir dan tes)
  8. Analisis butir dan pengolahan
  9. Evaluasi proses dan telaahnya
Catatan :
Pertemuan ke
Tanggal
Kelompok
4
26 Maret 2012
8
5
2 April 2012
7
6
9 April 2012
1
7
23 April 2012
4
8
30 April 2012
5
9
7 Mei 2012
6
10
14 Mei 2012
2
11
21 Mei 2012
3
12
28 Mei 2012
9

Pengembangan Kurikulum (ibu Sri Martini M)

Senin, 12 Maret 2012
Materi perkuliahan dalam bentuk slide dapat di download disini
Berhubung filenya banyak, untuk sementara materi belum bisa dijabarkan disini.
Terima kasih

TUGAS KELOMPOK

Mencari konsep kurikulum dari beberapa tokoh min. 5 tokoh kemudian bandingkan dan analisis

Dikumpulkan minggu depan

Tugas dan Materi Prinsip-prinsip PEMBELAJARAN & MOTIVASI BELAJAR (pak Robinson)

Senin, 12 Maret 2012
Slide powerpoint dapat didownload disini
Sumber :  Perkuliahan Dr. Robinson Situmorang

Prinsip-prinsip
PEMBELAJARAN & MOTIVASI BELAJAR
  1. Respon Akan Diulang, Bila Akibat Yang Ditimbulkan Menyenangkan
    Implikasinya : Pembelajaran Harus  Menyenangkan
                            Pemberian Umpan Balik Harus Positif
  2. Prilaku Belajar Tidak Hanya Akibat Dari Respon,  Tetapi  Juga Pengaruh Kondisi Lingkungan Siswa
    Implikasinya  :  Lingkungan Belajar Harus Kondusif
                              Penggunanaan Metode,  Media  Yang  Bervariasi
  3. Prilaku Yang Dihasilkan  Akan Berku-Rang Bila Tidak Diperkuat Dgn  Akibat  Yang Menyenangkan
    Implikasinya  :  Pemberian Isi Pelajaran Harus Bermakna Dalam Kehidupan Siswa Sehari- Hari (Berbasis Kompetensi)
  4. Belajar Yg Terbatas Akan Ditransfer Kesituasi Lain Secara Terbatas Pula
    Implikasinya  :  Kegiatan Belajar Harus Dikaitkan Dengan:
                              * Kondisi Yang Nyata 
                              * Lingkungan
                              * Kehidupan Sehari-Hari
  5. Belajar Menggeneralisasi Dan Membedakan Adalah Dasar Untuk Belajar Yang Kompleks
    Implikasinya  :  Penyajian Materi:
                             * Harus Sistematis
                             * Menggunakan Contoh Maupun Non-Contoh
  6. Kesiapan  Mental  Mempengaruhi Perhatian  Dan Ketekunan Selama Proses Belajar Berlangsung
    Implikasinya  :  Perlu Menarik Perhatian Peserta Selama Pembelajaran Berlangsung Melalui Penggunaan:
    Metode
    Media
  7. Kegiatan Belajar Yang Dibagi Kecil-Kecil  Disertai  Cara  Penyelesaian Untuk Setiap Langkah Akan   Mempercepat  Pencapaian  Tujuan  Belajar
    Implikasinya  :  Penggunaan Buku Teks Terprogram, Modul Dan Paket Belajar  Lainnya
  8. Kebutuhan Menyederhanakan MaterimYang Kompleks Dapat Dilakukan Dgn Menggunakan Suatu Model 
    Implikasinya  :  Penggunaan Media Dan Metode Pembelajaran Secara Tepat
                              Penggunaan Model-Model Pembelajaran
  9. Keterampilan Tingkat Tinggi Pada Dasarnya Terbentuk Dari Keterampilan Yang Sederhana
    Implikasinya  :  Dianalisis  Agar Belajar Menjadi Sistematis
  10. Belajar Akan Lebih Cepat  Bila Siswa Memperoleh Umpan Balik Dan Cara Meningkatkannya
    Implikasinya  :  Tujuan Pembelajaran Harus Dianalisis  Agar Belajar Menjadi Sistematis
  11. Perkembangan Dan Kecepatan Siswa Dalam Belajar Sangat Bervariasi
    Implikasinya  :  Perlu adanya strategi pembelajaran yang efektif
                              Perlu Penyediaan Materi Yang Dirancang Secara Individual 
                              Memberi Kesempatan Kepada Peserta Maju Sesuai Kemampuannya
  12. Dengan Persiapan Yang  Baik Siswa Dapat Mengorganisasikan Kegiatan Belajarnya Sendiri
    Implikasinya  :  Memberi Kesempatan Bagi Siswa Memilih Cara,Waktu Dan Sumber Belajar Yang
    akan digunakannya

Model Pengembangan Motivasi Belajar
ARCS Model
Attention     :  Perhatian (Menarik Perhatian)
                     * baru
                     * aneh / unik
                     * kontradiktif
                     * kompleks               
Relevance    :  Relevansi
                     *  sesuai kebutuhan
                     *  bermanfaat
Confidence  :  Kepercayaan diri
Satisfaction  :  Kepuasan

TUGAS KELOMPOK

  1. Membuat makalah penerapan setiap prinsip pembelajaran dalam pembelajaran mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan.
  2. Banyak halaman makalah adalah 10 - 15 halaman
  3. Setiap tugas dipresentasikan.
  4. Individu yang presentasi akan ditunjuk seketika
  5. Untuk setiap individu harus siap dengan powerpoint min. 5 slide



Membuat Strategi & Media Pembelajaran (pak Uwes)

Senin, 12 Maret 2012  pertemuan ke-2
Slide Power point dapat didownload di sini
Sumber slide : http://www.teknologipendidikan.net/


Strategi Pembelajaran
(smaldino, dkk. 2008)

          Strategi Berpusat pada Guru
         Presentasi
         Demonstrasi
         Drill & Praktek
         Tutorial/bimbingan
         Strategi berpusat pada Siswa
         Diskusi
         Permainan
         Simulasi
         Pemecahan masalah
         Pembelajaran kooperatif

Media Pembelajaran
         Segala sesuatu yang dapat menyampaikan pesan (Gagne)
         all the materials and physical means an instructor might use to implement instruction and facilitate students' achievement of instructional objectives. This may include traditional materials such as chalkboards, handouts, charts, slides, overheads, real objects, and videotape or film, as well newer materials and methods such as computers, DVDs, CD-ROMs, the Internet, and interactive video conferencing. (Craig L. Scanlan)

Ragam Media Pembelajaran (Smaldino dkk)

         DISPLAY FORMATS :
          CHALK BOARDS, WHITEBOARDS, FLIPCHARTS
         AUDIO MEDIA
          CASSETTES, CDS
         NON-PROJECTED VISUALS
          REALIA, STILL PICTURES, GRAPHIC MATERIALS, REAL OBJECTS
         PROJECTED VISUALS
          OVERHEAD PROJECTION, FILMSTRIPS, SLIDES PRESENTATION
         VIDEO AND FILMS
          VIDEO, FILM, VCD, DVD
         MULTIMEDIA KITS
          SOUND-SLIDES,
         ELECTRONIC DISTRIBUTION SYSTEMS
          RADIO, TELEVISION
         GAMES & SIMULATIONS

Kapan Penggunaan Teacher-Centered Strategy?

Ketika
Maka …Strategi
Contoh kemungkinan media
Siswa perlu penjelasan umum
Presentasi
Text, simbol, poster, whiteboard, spidol, grafik, slide, flipchart, chlakboard, alat peraga, globe
Siswa perlu mengamati terlebih dahulu sebelum mencoba/menerapkan
Demonstrasi
Vkit, video, puzzle, kartu, torso, real object, model,
Siswa perlu mereview dan mempraktekkan
Drill & Practice
Alat bahan praktikum, LKS, LDS, handout,
Siswa perlu bimbingan dalam beberapa hal tertentu
Tutorial
Modul, CD, leaflet, LKS, soal, buku, lembar kerja, messenger, handphone, sms,


Kapan Penggunaan  Student-Centered Strategy?

Ketika
Maka …Strategi
Contoh kemungkinan media
Siswa perlu dilatih berlatih berpikir kritis/mendalami topik dengan tanya jawab
Diskusi
Simbol, icon, gambar, koran, slide,
Optimalisasi pembelajaran diperlukan melalui kerjasama sosial/kelompuk dan menghasilkan produk
Pembelajaran kooperatif
Real object, puzzle, kit, kartu, model, alat
Siswa perlu mereview dan mempraktekan apa yang telah dipelajari  secara menyenangkan
Permainan
Puzzle, software permainan CD-interaktif, komputer, orang,
Siswa perlu mengaplikasikan pengetahuan dalam situasi nyata
Simulasi
Benda sebenarnya, model, kit, orang
Siswa perlu dilatih untuk memecahkan masalah
Problem  Solving
Lembar kerja, modul, portofiolio, dll


praktek pemilihan media berdasarkan karakteristik strategi pembelajaran
Working group
Latihan Pemilihan Media yg Relevan
Tujuan
Media yang relevan
Menunjukkan gerak/proses
?
Menunjukkan suara/meniru/menghasilkan
?
Menunjukkan gambar nyata
?
Pengayaan setelah pelajaran
?
Memungkinkan siswa berinteraksi
?
Digunakan untuk belajar mandiri
?
Memungkinkan siswa mengendalikan sendiri
?
Memungkinkan siswa menyentuh dan merasakan sendiri secara langsung
?
Mudah dimodifikasi
?
Mudah direkam
?
Membentuk sikap
?
Menyajikan problem solving
?

?

?


Tugas Terstruktur 1:

 menentukan strategi pembelajaran

  1. Kerjakan secara kelompok
  2. Pilih salah satu topik pembelajaran
  3. Rumuskan dua tujuan pembelajaran khusus
  4. Tentukan strategi dan media pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan tersebut dalam bentuk prosedur pembelajaran
  5. Dibahas dan didiskusikan dalam pertemuan minggu depan!

Tugas Matakuliah Evaluasi Pendidikan (pak Budi)

Senin, 12 Maret 2012

Pada pertemuan ke-2 diperkuliahan matakuliah evaluasi pendidikan, Bapak Yuyu Yuhana, M.Si  yang telah memberikan materi pada pertemuan ke-1 memperkenalkan Bapak Dr. Budi Kustoro sebagai penggantinya sampai akhir semester 3.

Pada pertemuan ini, Dr. Budi Kustoro memberikan pemaparan mengenai perkulihan dan tugas yang harus kami kerjakan ke depan.  Di akhir pertemuan beliau memberikan tugas kepada kami yaitu :

TUGAS INDIVIDU

A.  Tuliskan pengertian di bawah ini masing-masing dari 3 pendapat tokoh yang berbeda dan berikan kesimpulannya dari ketiga pendapat tersebut.

  1. Tes
  2. Pengukuran
  3. Penilaian
  4. Evaluasi
B.  Dikumpulkan pada hari Senin, 19 Maret 2012

Silabus matakuliah TIK dalam Pendidikan

Senin, 5 Maret 2012
diunduh tanggal 8 Maret 2012 waktu : 05.42

Silabus

 MATA KULIAH
 
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan


Dosen:
Dr. Hadi Sutopo, MM.Si

  
Program Studi Teknologi Pembelajaran
Program Pascasarjana Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa
Serang, Banten
2012
 


 
DESKRIPSI MATA KULIAH

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran, yaitu: (1) dari pelatihan dan penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke "online" atau saluran, (4) dari hasil latihan fisik ke jaringan kerja dan (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Penerapan dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan dan pembelajaran merupaan langkah strategis dalam menyongsong masa depan bangsa Indonesia dan sebagai upaya meningkatka akses serta mutu layanan pendidikan kepada masyarakat. Mata kuliah ini akan menyajikan dan menganalisis konsep teknologi informasi dan komunkasi dalam pembelajaran, mengadopsi hasil inovasi teknologi informasi dan komunikasi dalam mengembangkan prosedur pembelajaran, penerapan konsep dan prinsip serta cara kerja hasil inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.

TUJUAN MATA KULIAH

Mahasiswa dapat memahami teknologi informasi dan komunikasi, perangkat keras dan perangkat lunak istem komputer, jaringan komputer, infrastruktur multimedia, dan mampu mengembangkan produk multimedia dan web site untuk pembelajaran

ORGANISASI MATA KULIAH DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

Pert
Topik
Topik Esensial
Kegiatan
1
Menjelaskan Kontrak Perkuliahan
Menjelaskan pergeseran paradigma pembelajaran dan paradigma baru PT
Kontrak Perkuliahan
Pergeseran paradigma pembelajaran dan paradigma baru PT
Dsn+Mhs
2
Menjelaskan sejarah perkembangan TIK dalam pendidikan
Perkembangan TIK dalam Pendidikan
Dsn+Mhs
3
Menjelaskan Teknologi Informasi dan Komunikasi 
Hardware, System Software, Application Software, Bahasa Pemrograman, dan Database
Dsn+Mhs
4
Menjelaskan fungsi TIK sebagai media pembelajaran dan sumber belajar
Mengidentifikasi TIK dalam kawasan penelitian teknologi pendidikan
Fungsi TIK sebagai media pembelajaran dan sumber belajar
TIK dalam kawasan penelitian teknologi pendidikan
Dsn+Mhs
5
Menerapkan TIK dalam pembelajaran
PenerapanTIK (CBL) dalam Pembelajaran (of-line dan on-line)
Dsn+Mhs
6
Menjelaskan karakteristik multimedia
Objek multimedia
Aplikasi multimedia
Aspek artistik dalam multimedia
SDM pengembang multimedia
Dsn+Mhs
7
UJIAN TENGAH SEMESTER

Mhs
8
Menjelaskan metode pengembangan aplikasi multimedia
Authoring system
Multimedia Development Life Cycle(MDLC)
Adobe Flash
Dsn+Mhs
9
Menjelaskan pengembangan aplikasi multimedia dengan Flash
Animasi gambar dan teks
ActionScript dasar, action interaktif, movie
Publish movie
Dsn+Mhs
10-11
Menjelaskan jaringan komputer
Menerapkan TIK dalam Pendidikan Jarak Jauh
Menjelaskan metode pengembangan Web site
Perangkat komunikasi, infrastruktur jaringan komputer, dan jaringan internet
Web site Development Life Cycle (WDLC)
Graphical User Interface
Dsn+Mhs
12-13
Mengembangkan produk pembelajaran berbasis Web
Pendaftaran domain name 
Upload file
Mhs
14
UJIAN AKHIR SEMESTER

Mhs

 

DAFTAR TUGAS, HASIL DAN BOBOT

No
Nama Tugas
Jenis Tugas
Hasil
Bobot
1
Pengembangan sistem informasi dalam pendidikan
Tugas individu
Makalah sedang 15-20 halaman
20
3
Pengembangan Produk Pembelajaran Berbasis Multimedia
Tugas Individu
Setiap individu menghasilkan satu produk pembelajaran berbasis Multimedia
40
4
Pengembangan Produk Pembelajaran Berbasis Web
Tugas Individu
Setiap individu membuat "blog" untuk pembelajaran atau Web-based learning
40

 

STRATEGI PERKULIAHAN

Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan metode dan pendekatan yang bervariasi, seperti metode ceramah dan diskusi kelompok/kelas atau presentasi. Sementara pendekatan yang digunakan dalam bentuk blenden learning meliputi kuliah tatap muka (pertemuan dalam kelas) dan kuliah online..

 

 PENILAIAN

Penilaian akhir adalah sebagai berikut:

Nilai
Mutu

80% - 100%
A

70% - 79%
B

60% - 69%
C

Kurang dari 60%
TL
.

DAFTAR PUSTAKA


Dabbagh, Nada & Brenda Bannan-Ritlkand. (2005). Online Learning Concept, Strategies, and Applicatoion. Upper Saddle River, NJ: PearsonPrentice Hall.
Brink, Tom et. al. (2002). Designing Web sites that Work - Usability for the Web. London: Morgan Kaufmann Publisher. 
Budiardjo, Bagio (1991). Komputer dan Masyarakat. Jakarta: Elex Media Komputindo
Capron, H.L. (2000). Computers: Tools for An Information Age Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall
Sampurna. (1996). Belajar Sendiri Membuat Homepage dengan HTML. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sells, Barbara C., Rickey, Rita C., (2004), Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field. Washington D.C., AECT.
Shelly, Garry B, Thomas J. Castman & Misty E Vermant. (2009). Discovering Computers. Singapore: Thomson.
Smaldino, Sharon E., James D. Russell, Robert Heinich, Michael Molenda. (2007)., Instructional Technology and Media for Learning. New Yersey: Person Education, Inc.
Sutopo, Ariesto Hadi (2002). Pengantar Grafika Komputer. Yogyakarta: Gava Media.
Sutopo, Ariesto Hadi (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutopo, Ariesto Hadi. Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Graha Ilmu. 2012
Tian Belawati (1999), Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.
Vaughan, Tay. (2006). Multimedia Making It Work. Yogyakarta: Penerbit Andi

Kontrak Perkuliahan Desain Pembelajaran



Senin, 5 Maret 2012
KONTRAK PERKULIAHAN



MATA KULIAH


DESAIN PEMBELAJARAN



                                  DOSEN: 
Dr. ROBINSON SITUMORANG, M.Pd.



www.ut.ac.id
DESKRIPSI  MATA KULIAH
Matakuliah Desain Pembelajaran ini adalah matakuliah dengan kosentrasi pada perancangan pembelajaran sampai kepada dihasilkannya sebuah rancangan pembelajaran yang siap pakai. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, kegiatan perancangan yang ada diteruskan sampai dihasilkannya produk pembelajaran. Untuk mencapai kompetensi tersebut, secara garis besar materi yang akan diberikan meliputi: desain pembelajaran yang dimulai dari identifikasi kebutuhan pembelajaran dan merumuskan tujuan, analisis instruksional, analisis kebutuhan peserta didik, merumuskan tujuan instruksional, menyusun tes acuan patokan, menyusun strategi pembelajaran, mengembangkan bahan ajar, dan melakukan evaluasi formatif.  
Pada akhir perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa diharuskan mengembangkan satu set bahan pembelajaran sebagai produk akhirnya. Semuanya dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa tentang Desain Pembelajaran, sebagai bagian dari kawasan teknologi pendidikan. Oleh karena itu matakuliah ini memilki komposisi    40 % teori dan 60% praktek.

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM (TUJUAN MATA KULIAH)

Setelah mengikuti mata kuliah Desain Pembelajaran, mahasiswa dapat melakukan rancang bangun program pembelajaran secara sistematis dan sistemik.

ORGANISASI MATERI DAN STRATEGI PERKULIAHAN  


PERT

Tujuan Instruksional Khusus


Topik Esensial

Keg. Perkuliahan

Dosen

Mhs.

1-2
Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran
Prinsip-prinsip pembelajaran

v

v

3
Menjelaskan pembelajaran sebagai system dan berbagai model pengembangan sistem instruksional
Pembelajaran sebagai sistem

v

v

4
Mengidentifikasi kebutuhan dan perumusan Tujuan Instruksional Umum
Identifikasi kebutuhan dan perumusan tujuan
v
v


5

Melakukan analisis intruksional dan karakteristik peserta didik

Analisis Instruksional dan karakteristik peserta didik
v
v
6
Merumuskan Tujuan Instruksional Khusus  
Tujuan Instrusional Khusus  
v
v

7-8
Mengembangkan TAP & Strategi Pembelajaran
TAP dan Strategi Pembelajaran
v
v

9-11
Mengembangakan bahan pembelajarab  
Pengembangan Bahan Pembelajaran
v
v

12-13
Melakukkan Uji Coba dan Evaluasi Fomatif
Uji Coba dan Evaluasi Formtif
v
v
14-15
Mendesiminasikan produk pembelajaran

Desiminasi Program Pembelajaran
v
v

DAFTAR TUGAS, HASIL, DAN BOBOT


No.

NAMA TUGAS

JENIS TUGAS

HASIL


BOBOT
1.

Prinsip-prinsip pembelajaran

Penerapan setiap prinsip pembelajaran dalam pembelajaran mulai dari perenca-naan sampai pelak-sanaan
Makala kecil 10-15 halaman
(Tugas Kelompok)

10

2.
Konsep Dasar Pengembangan Sistem Instruksional
Pengertian Sistem Instruksional dan Model-model Sistem Instruksional
Makala kecil 10-15 halaman
(Tugas Kelompok)
10


3.

Identifikasi Kebutuhan dan Perumusan TIU

Melakukan kunjungan ke sekolah dalam rangka analisis kebutuhan pembelajaran

Makala sedang 15-20 halaman. Membuat analisis kebutuhan dan merumuskan TIU mata pelajaran.
(Tugas Individu)

10


4.
Analisis Instruksional dan perumusan TIK
Melakukan analisis instruksional dan merumuskan TIK
Peta kompetensi Mata pelajaran dan rumusan TIK.
(Tugas Individu)

20
5.

Tes Acuan Patokan
  Mengembangkan kisi-kisi tes acuan patokan dan satu set THB.
Kisi-kisi Tes dan satu set THB. untuk mata pelajaran yang dikembangkan
(Tugas Individu)

10


6.
Strategi Pembelajaran
Mengembangkan strategi pembelajaran
Satu strategi pembelajaran yang dibtuhkan untuk pencapaian tujuan pembelajaran (TIK)
(Tugas Individu)
10


7.
Bahan Pembelajaran
Mengembangak Bahan Pembelajaran
Setiap Kelompok mengembangakan set bahan pembelajaran lengkap dengan media, dan instrumen uji coba
produk yang di kembangkan.
(Tugas Individu)

30
Setiap tugas dipresentasikan. Individu yang presentasi akan ditunjuk seketika. Untuk itu setiap individu harus siap dengan Power Point, minimal 5 slide.
KRITERIA PENILAIAN:

80%      -      100%     =  A 
70%      -         79%    =  B
60%      -         69%    =  C
Kurang dari    60%    =  TL

 SUMBER PUSTAKA


Anderson, Lorin W., Krathwohl, David R., (Editor), A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objctives. New York: Addison Weslay Longman, Inc., 2001.

Association for Educational Communications and Technology, Defenition and Glossary of Term,  New York: AECT, 2004

Barbara, Seels B. and Rita, Richey C., Teknologi Pembelajaran. Jakarta: UNJ, 1994.

Bloom, Benyamis S., Taxonomy of Education Objectives. Handbook I: Cognitive Domain. New York: Longman, Inc., 1956.

David R. Krathwohl, Benyamis S. Bloom, and Bertram B. Masia, Taxonomy of Education Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook II: Affective Domain. New York: Longman Inc., 1964.

Dryden, Gordon  and Vos, Jeannette, The Learning Revolution. New Zealand: The Learning Web., 2008.

Dick, Walter and Carey, Lou, The Systematic Desing of Instruction (7rd). Glenview, Illinois: Scoot, Foresman  and Company, 2011

Harrow and Anita J., A Taxonomy  of  the Psychomotor Domain: A Guide for Developing Behavioral Objectives. New York: David Mc Kay Company, Inc., 1972.

Heinch, Robert, Molenda, Michael and Russell, James D., Instructional Media. New York: Macmillan Publishing Company, 2005.

Reigeluth, Charles M., Instructional-Design Theories and Models. New Jersey: Lawrence Elbaum Associates, Inc, Publisher, 2007.

Suparman, Atwi, Desain Instruksional. Jakarta: PAU-UT, 2008.

Ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

Dowload Tugas Semester 1

Orientasi Baru dalam Pembelajaran
# Resume Buku Landasan Pendidikan (UTS)
BAB 1 s.d 8 (lengkap)

# Resume buku
Kelompok 1 (Revolusi belajar jilid II)
---> Presentasi : Senin, 04 April 2011
---> Powerpoint bab 8 & 9, 10 & 11, 12 & 13, 14 & 15

Kelompok 2 (Revolusi belajar jilid I)
---> Presentasi : Senin, 18 April 2011
---> Powerpoint pendahuluan & bab 1, 2, 3, 4-5, 6-7
---> catatan moderator (tanya jawab) atau klik disini

Kelompok 3 (Quantum Quatient)
--> Presentasi : Senin, 30 Mei 2011
--> word : Resume 1-6
--> powerpoint : bab 1-2, 3, 4, 5-6, SQ
--> catatan moderator : Tanya jawab

Kelompok 4 (Double Your Brain Power)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1, 2, 3

Kelompok 5 (Belajar Cerdas Berbasiskan Otak)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1&2, 3, 4 awal, 4 akhir

Download Materi Semester 2

Konteks Sosial Budaya, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
1. Perihal konteks sosial budaya
2. (pendidikan dan pengajaran) dalam perspektif antropologi
3. Konteks Sosbud 4 Psikologi
4. Konteks sosbud 5 sosiologi
5. Konteks sosbud 6 sosiologi(teori humanism
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
1. Teknologi Pendidikan
Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

Download Tugas Semester 2

Pengembangan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Makalah kelompok 1. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 2. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 3. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
Makalah kelompok 1. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 2. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 3. word + ppt
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Makalah kelompok 6(1). word + ppt
Makalah kelompok 7(2) word + ppt1 + ppt2
Makalah kelompok 8(3) word + ppt
Makalah kelompok 9(4) word + ppt
Makalah kelompok 10(5) word + ppt1 + ppt2
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Proposal thesis kelompok 1. word + ppt
Proposal thesis kelompok 2. word + ppt
Proposal thesis kelompok 3. word + ppt

Download Materi Semester 3

Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Silabus
Landasan TP_definisi 2004
Strategi & Media Pembelajaran
Desain Pembelajaran dan Pelatihan
Kontrak Perkuliahan
Prinsip Pembalajaran & Motivasi Belajar
Pengembangan Kurikulum
Pengembangan Kurikulum

Bank Soal UTS dan UAS

SEMESTER 1 (Feb - Jun 2011)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (metlit)
2. UTS dan UAS Pak Rusmana (statistik)
dan Jawaban UTS + [Soal tugas dan Jawaban tugas persiapan UAS]
3. UTS dan UAS Pak Bambang (filsafat)
4. UTS dan UAS Pak Nandang (OBP)

SEMESTER 2 (Agst 2011 - Jan 2012)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (sosbud)
2. UTS dan UAS Pak Romly (Klts TP & TKP)
3. UTS dan UAS Pak Soleh (Konsep TPm)
4. UTS dan UAS Pak Benny (Karya ilmiah)

Semester 3 (Februari - Juni 2012)
1. UTS dan UAS Pak Budi
2. UTS dan UAS Pak Uwes
3. UTS dan UAS Pak Robinson
4. UTS dan UAS Pak Hadi
5. UTS dan UAS Bu Martini