Keluarga Besar Kelas E Angkatan VI di PUSTEKKOM, 15 Desember 2011
(nupus, iyob, dewi, ina, esa, endang, ria, aina, khatib, samsudin, saripudin,
pemandu dari PUSTEKKOM, haryadi, mamad, didin, mamat, hazairin)
(pak deni, pak sabik & bu neneng tidak ada difoto)


Kuliah Perdana : Metodologi Penelitian

Mata kuliah metodologi penelitian diajarkan oleh Dr. A. Syihabuddin, M.S.i
Format presentasi dalam power point.  Materinya adalah sebagai berikut :


PPs 080107
METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF

Dr. Ahmad Sihabudin, M.Si


Landasan Filosofis dan Teoritik Metodologi Penelitian Kualitatif
ž  Adanya perbedaan penafsiran atas objek ilmu sosial pada manusia (masyarakat)
Kuantitatif :
  memandang manusia sebagai benda, Bersumber dari wawasan filsafat positivistik (aliran positivisme) dari Auguste Comte, Emille Durkheim.
Kualitatif :
  memandang manusia sebagai Ide, bahwa manusia terikat oleh norma / pranata sosial yang berlaku (holistik). Bersumber dari wawasan filsafat rasionalistik dan fenomenologi, dari Marx Weber.


Beberapa Istilah yang digunakan untuk Penelitian Kualitatif,
ž  yaitu penelitian atau inkuiri naturalistik atau alamiah, etnografi, interaksionis simbolik, etnometodologi, fenomenologi,studi kasus, interpretatif, ekologis, dan deskriptif (Bogdan dan Biklen, 1982).
ž  Bogdan dan Taylor (1975), metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat di amati. Pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu tsb secara utuh (holistik).
ž  Berikutnya, Kirk dan Miller (1986) penelitian kualitatif sebagai:
                “tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada` pengamatan pada manusia, dalam kawasannya sendiri & berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasanya dan dalam peristilahannya.”
Selanjutnya, pengkajian inkuiri alamiah oleh Willem & Rausch (1969):
v  Inkuiri naturalis slalu adalah suatu taraf
v  Taraf pengakajian fungsi sesuatu yg dilakukan peneliti, terkait dg variabel bebas, atau kondisi anteseden.
v  Peneliti membatasi rentangan respon dari subyek.
v  Tidak mewajibkan terlebih dahulu peneliti membentuk konsep atau teori tetentu
v  Memodifikasi penelitian atau metode, tetapi tidak memodifikasi gejala.

PENELITIAN & POSITIVISME
ž  Ilmu bergerak naik dari fakta-fakta khusus ke generalisasi teoritik. Ilmu yg valid dibangun dari empiri.
ž  Generalisasi dikonstruksi dari rerata keragaman individual.
ž  Menuntut adanya rancangan yg spesifik obejeknya secara eksplisit.
ž  Tata fikir melihat kausalitas, korelasi.

Positivisme / Kuantitatif:
Ø  Mengejar data yang terukur, teramati, yang empiri sensual (yang teramati panca indera) dan membuat generalisasi atas rerata.
Ø  Menekankan objektivitas berdasarkan standardisasi observasi.
Ø  Membuat pemisahan yang tegas antara known dan knower.
Ø  Digunakan dalam ilmu eksak.

PENELITIAN DAN RASIONALISME (Kualitatif)
ž  Ilmu yang valid merupakan abstraksi, simplikasi dari realitas, dan terbukti koheren dengan sistem logikanya.
q  Beberapa argumen rasionalisme:
     Secara ontologi positivisme lemah dalam hal membangun konsep teoritik.
     Dari segi axiologi kebenaran empirik sensual mendegradasi harkat manusia. Ada kebenaran yang dapat ditangkap dari pemaknaan manusia atas empiri sensual.
q  Kamampuan manusia untuk menggunakan fikir dan akal-budi memaknai empiri sensual itu lebih berarti.
q  Secara axiologi terkait dengan kebenaran (data), ada: empiri sensual, etik, dan logik.
q  empiri sensual, dapat diamati kebenarannya berdasarkan inderawi.
q  empiri logik, ketajaman fikir manusia dlm memberi makna.

Empiri etik, ketajaman akal budi manusia dalam memberi makna ideal.
Proses berfikir Reflektif dalam rasionalisme, artinya:
ž  Tidak terbatas pada proses linier antara sebab akibat,
ž  Juga bukan dalam makna induksi dan deduksi saja,
ž  Tetapi mondar mandir (reflektif)

PENELITIAN DAN FENOMENOLOGI (Kualitatif)
   Ada sejumlah nama penelitian yang berlandaskan filsafat fenomenologi.
q  Paradigma naturalistik
q  Interaksi simbolik
q  Etnometologi
q  Humanitik,
q  Hermeneutik
q  Kualitatif, atau fenomenologi

Edmund Husserl, bahwa objek ilmu itu tidak terbatas pada yang empirik (sensual), tetapi mencakup fenomena yang tidak lain daripada persepsi, pemikiran, kemauan, dan keyakinan subjek tentang sesuatu di luar subjek; ada sesuatu yang transenden.
Ontologi penelitian yg berlandaskan fenomenologi sama dengan rasionalisme, berbeda dengan positivisme.
Fenomenologi menuntut pendekatan holistik, melihat objek dalam kontek “natural” bukan parsial.
Mengakui 4 kebenaran yaitu empiri: sensual, logik, etik, dan kebenaran empiri transendental

RUJUKAN
q  Prof. Dr. Noeng Muhadjir., Metodologi Penelitian Kualitatif Telaah Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik, Realisme Metaphisik. Penerbit Rake Sarasin. Yogjakarta.
q  Prof. Dr. Lexy J, Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif.  Penerbit. Rosdakarya. Bandung.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH

Comments


Ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

Dowload Tugas Semester 1

Orientasi Baru dalam Pembelajaran
# Resume Buku Landasan Pendidikan (UTS)
BAB 1 s.d 8 (lengkap)

# Resume buku
Kelompok 1 (Revolusi belajar jilid II)
---> Presentasi : Senin, 04 April 2011
---> Powerpoint bab 8 & 9, 10 & 11, 12 & 13, 14 & 15

Kelompok 2 (Revolusi belajar jilid I)
---> Presentasi : Senin, 18 April 2011
---> Powerpoint pendahuluan & bab 1, 2, 3, 4-5, 6-7
---> catatan moderator (tanya jawab) atau klik disini

Kelompok 3 (Quantum Quatient)
--> Presentasi : Senin, 30 Mei 2011
--> word : Resume 1-6
--> powerpoint : bab 1-2, 3, 4, 5-6, SQ
--> catatan moderator : Tanya jawab

Kelompok 4 (Double Your Brain Power)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1, 2, 3

Kelompok 5 (Belajar Cerdas Berbasiskan Otak)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1&2, 3, 4 awal, 4 akhir

Download Materi Semester 2

Konteks Sosial Budaya, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
1. Perihal konteks sosial budaya
2. (pendidikan dan pengajaran) dalam perspektif antropologi
3. Konteks Sosbud 4 Psikologi
4. Konteks sosbud 5 sosiologi
5. Konteks sosbud 6 sosiologi(teori humanism
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
1. Teknologi Pendidikan
Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

Download Tugas Semester 2

Pengembangan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Makalah kelompok 1. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 2. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 3. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
Makalah kelompok 1. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 2. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 3. word + ppt
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Makalah kelompok 6(1). word + ppt
Makalah kelompok 7(2) word + ppt1 + ppt2
Makalah kelompok 8(3) word + ppt
Makalah kelompok 9(4) word + ppt
Makalah kelompok 10(5) word + ppt1 + ppt2
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Proposal thesis kelompok 1. word + ppt
Proposal thesis kelompok 2. word + ppt
Proposal thesis kelompok 3. word + ppt

Download Materi Semester 3

Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Silabus
Landasan TP_definisi 2004
Strategi & Media Pembelajaran
Desain Pembelajaran dan Pelatihan
Kontrak Perkuliahan
Prinsip Pembalajaran & Motivasi Belajar
Pengembangan Kurikulum
Pengembangan Kurikulum

Bank Soal UTS dan UAS

SEMESTER 1 (Feb - Jun 2011)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (metlit)
2. UTS dan UAS Pak Rusmana (statistik)
dan Jawaban UTS + [Soal tugas dan Jawaban tugas persiapan UAS]
3. UTS dan UAS Pak Bambang (filsafat)
4. UTS dan UAS Pak Nandang (OBP)

SEMESTER 2 (Agst 2011 - Jan 2012)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (sosbud)
2. UTS dan UAS Pak Romly (Klts TP & TKP)
3. UTS dan UAS Pak Soleh (Konsep TPm)
4. UTS dan UAS Pak Benny (Karya ilmiah)

Semester 3 (Februari - Juni 2012)
1. UTS dan UAS Pak Budi
2. UTS dan UAS Pak Uwes
3. UTS dan UAS Pak Robinson
4. UTS dan UAS Pak Hadi
5. UTS dan UAS Bu Martini