Mata kuliah : Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
Semester : II (Dua)
Dosen : Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd
SKS : 3 sks
Jenis : UTS diketik atau ditulis tangan
Sifat : Take home
Dikumpulkan : Senin, 7 Oktober 2011
Petunjuk
a. Tulislah nama dan nomor induk mahasiswa
b. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan tepat
- Teknologi pendidikan/pembelajaran memiliki sejarah yang panjang baik sebagai gerakan, praktek, bidang maupun sebagai profesi. Coba saudara uraikan secara singkat sejarah perkembangan teknologi pendidikan/pembelajaran.
- Teknologi pendidikan/pembelajaran telah diakui sebagai disiplin yang otonom. Jelaskan apa yang menjadi ontologi, epistemologi dan aksiologi teknologi pendidikan/pembelajaran.
- Teknologi pendidikan/pembelajaran sebagai disiplin yang terbuka dan membutuhkan sumbangan dari disiplin ilmu pengetahuan lain. Jelaskan kontribusi teori/ilmu psikologi belajar, komunikasi, teknologi informasi dan manajemen terhadap teknologi pendidikan/pembelajaran.
- Pendidikan nasional masih menghadapi sejumlah permasalahan antara lain : pemerataan, mutu, relevansi, efektivitas dan efesiensi pendidikan. Jelaskan kontribusi teknologi pendidikan/pembelajaran dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan tersebut sesuai dengan kawasan teknologi pembelajaran (Definisi TP 1994)
SELAMAT BEKERJA