Keluarga Besar Kelas E Angkatan VI di PUSTEKKOM, 15 Desember 2011
(nupus, iyob, dewi, ina, esa, endang, ria, aina, khatib, samsudin, saripudin,
pemandu dari PUSTEKKOM, haryadi, mamad, didin, mamat, hazairin)
(pak deni, pak sabik & bu neneng tidak ada difoto)


Hubungan dengan Lembaga Sosialisasi

Hubungan dengan Lembaga  Sosialisasi
Materi Kuliah : Prof. Dr. Sihabudin, M.Si

Melembagakan Hubungan
}        Sifat pertama dari lembaga sosial adalah tingkat formalitas/melembagakan hubungan. Caranya menyelidiki sifat dasar peraturan sampai perannya terhadap hubungan interpersonal
}        Tujuan: pelatihan dan perhatian terhadap anak supaya menjadi anggota masyarakat yang pantas.
}        Fungsi utama: menghasilkan sikap dan perilaku tertentu.

Kekuatan & Pendukung dalam Hubungan
}        Aspek lain dari hubungan dengan lembaga sosialisasi yaitu diarahkan pada kualitas. Dua dimensi utama yang menggambarkan hubungan adalah kekuatan & perasaan.
}        Kekuatan sosialisasi orang tua menggunakan kekuasaan/wewenang >< serba membolehkan, demokratis.
}        Perasaan (afectivity) menunjukkan tingkat hubungan perasaan antara orang tua dengan anak. Perasaan bergerak menurut arahan/bimbingan dari positif ke negatif, cinta ke benci.

 
 Resosialisasi untuk Mengontrol Perilaku Menyimpang
}        Berkaitan dengan proses belajar, Brim mengemukakan perlunya resosialisasi untuk mengontrol perilaku-perilaku menyimpang dalam proses sosialisasi. Dalam melakukan resosialisasi yang harus dilakukan adalah menganalisis mengenai tipe-tipe perilaku yang menyimpang. 

Tipe-tipe penyimpangan
}        Ada 6 tipe penyimpangan berkaitan dengan kegagalan proses sosialisasi (ilustrasi: harapan orang tua terhadap pencapaian akademis anaknya)
1.  Anak yang tidak peduli akan perilaku yang diharapkan orang tuanya (si anak tahu bahwa ia dituntut untuk mendapat nilai yang baik, tetapi anak belum memahami arti penting belajar keras)
2.  Pelaku anak yang tidak peduli terhadap tujuan akhir yang harus di capai  (si anak menyesuaikan perilaku terhadap harapan orang tua untuk belajar keras, karena anak takut terhadap kritikan orang tua).
  1. Si anak menyimpang karena ketidakmampuannya untuk menyesuaikan diri (ketidakmampuan si anak karena kondisi fisik yang lemah).
  2. Ketidakmampuan merupakan penyimpangan nilai-nilai (si anak mungkin belajar keras sekedar untuk menghindari kritikan dari orang tua, bukan untuk diterima di Perguruan Tinggi. Adanya ketidakmampuan mengejar nilai).
  3. Penyimpangan diwujudkan dalam perilaku ( si anak mengejar nilai yang tinggi, tetapi melalui cara-cara menyimpang, misalnya menyontek).
  4. Kurangnya motivasi pada perolehan nilai-nilai yang layak. Seseorang yang berperilaku dengan cara yang benar tetapi untuk alasan yang salah ( si anak mungkin belajar keras tetapi menolak tujuan tertentu yang telah di tetapkan orang tuanya. Tidak termotivasi terhadap tujuannya).


Terima kasih Atas perhatiannya

Comments


Ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

Dowload Tugas Semester 1

Orientasi Baru dalam Pembelajaran
# Resume Buku Landasan Pendidikan (UTS)
BAB 1 s.d 8 (lengkap)

# Resume buku
Kelompok 1 (Revolusi belajar jilid II)
---> Presentasi : Senin, 04 April 2011
---> Powerpoint bab 8 & 9, 10 & 11, 12 & 13, 14 & 15

Kelompok 2 (Revolusi belajar jilid I)
---> Presentasi : Senin, 18 April 2011
---> Powerpoint pendahuluan & bab 1, 2, 3, 4-5, 6-7
---> catatan moderator (tanya jawab) atau klik disini

Kelompok 3 (Quantum Quatient)
--> Presentasi : Senin, 30 Mei 2011
--> word : Resume 1-6
--> powerpoint : bab 1-2, 3, 4, 5-6, SQ
--> catatan moderator : Tanya jawab

Kelompok 4 (Double Your Brain Power)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1, 2, 3

Kelompok 5 (Belajar Cerdas Berbasiskan Otak)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1&2, 3, 4 awal, 4 akhir

Download Materi Semester 2

Konteks Sosial Budaya, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
1. Perihal konteks sosial budaya
2. (pendidikan dan pengajaran) dalam perspektif antropologi
3. Konteks Sosbud 4 Psikologi
4. Konteks sosbud 5 sosiologi
5. Konteks sosbud 6 sosiologi(teori humanism
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
1. Teknologi Pendidikan
Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

Download Tugas Semester 2

Pengembangan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Makalah kelompok 1. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 2. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 3. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
Makalah kelompok 1. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 2. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 3. word + ppt
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Makalah kelompok 6(1). word + ppt
Makalah kelompok 7(2) word + ppt1 + ppt2
Makalah kelompok 8(3) word + ppt
Makalah kelompok 9(4) word + ppt
Makalah kelompok 10(5) word + ppt1 + ppt2
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Proposal thesis kelompok 1. word + ppt
Proposal thesis kelompok 2. word + ppt
Proposal thesis kelompok 3. word + ppt

Download Materi Semester 3

Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Silabus
Landasan TP_definisi 2004
Strategi & Media Pembelajaran
Desain Pembelajaran dan Pelatihan
Kontrak Perkuliahan
Prinsip Pembalajaran & Motivasi Belajar
Pengembangan Kurikulum
Pengembangan Kurikulum

Bank Soal UTS dan UAS

SEMESTER 1 (Feb - Jun 2011)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (metlit)
2. UTS dan UAS Pak Rusmana (statistik)
dan Jawaban UTS + [Soal tugas dan Jawaban tugas persiapan UAS]
3. UTS dan UAS Pak Bambang (filsafat)
4. UTS dan UAS Pak Nandang (OBP)

SEMESTER 2 (Agst 2011 - Jan 2012)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (sosbud)
2. UTS dan UAS Pak Romly (Klts TP & TKP)
3. UTS dan UAS Pak Soleh (Konsep TPm)
4. UTS dan UAS Pak Benny (Karya ilmiah)

Semester 3 (Februari - Juni 2012)
1. UTS dan UAS Pak Budi
2. UTS dan UAS Pak Uwes
3. UTS dan UAS Pak Robinson
4. UTS dan UAS Pak Hadi
5. UTS dan UAS Bu Martini