Keluarga Besar Kelas E Angkatan VI di PUSTEKKOM, 15 Desember 2011
(nupus, iyob, dewi, ina, esa, endang, ria, aina, khatib, samsudin, saripudin,
pemandu dari PUSTEKKOM, haryadi, mamad, didin, mamat, hazairin)
(pak deni, pak sabik & bu neneng tidak ada difoto)


makalah KAWASAN PENGELOLAAN


KAWASAN PENGELOLAAN
DALAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Disusun Oleh :
KELOMPOK 4

1.    AHMAD HARYADHI, S.Pd           2321110011
2.    AKHMAD KHATIB                     2321110017
3.    MOH. SABIK ARIFIN                 2321110096
4.    SARIPUDIN                            2321110141


PROGRAM PASCASARJANA TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2011




BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Teknologi pembelajaran sebagai perangkat lunak (sofware technology) berbentuk cara-cara yang sistematis dalam memecahkan masalah pembelajaran.
Teknologi Pembelajaran tumbuh dan berkembang dari praktek pendidikan dan gerakan komunikasi audio visual. Teknologi pembelajaran semula dilihat sebagai teknologi peralatan misalnya penggunaan peralatan, media dan sarana untuk mencapai tujuan kegiatan pembelajaran. Teknologi pembelajaran merupakan gabungan dari tiga aliran yang saling berkepentingan, yaitu media pendidikan, psikologi pembelajaran dan pendekatan sistem untuk pendidikan (Barbara Seels, 1979).


Teknologi pembelajaran baik sebagai disiplin ilmu, program studi maupun profesi mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan teknologi pembelajaran yang pesat ini dengan mengambil empat ciri utama, yaitu: 1) menerapkan pendekatan sistem, 2) menggunakan sumber belajar seluas mungkin, 3) bertujuan meningkatkan kualitas belajar manusia, dan 4) berorientasi pada kegiatan instruksional individual (Atwi Suparman, 2004:30-31). Dengan indikator ini teknologi pembelajaran semakin memperhalus dan mempertajam kemampuannya dalam memecahkan masalah belajar dan pembelajaran. Sedangkan menurut Miarso (2004:201) perkembangan ini pada gilirannya merangsang dan memperkuat perkembangan profesi dalam bidang teknologi pembelajaran.

B.     Tujuan
Definisi AECT 1994 ada lima bidang garapan dari Teknologi Pembelajaran yaitu Desain, Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan dan Penilaian. Salah satu kawasan yang akan kami bahas dalam penulisan makalah ini adalah kawasan pengelolaan.



BAB II
PEMBAHASAN

A.     Deskripsi Kawasan Pengelolaan
Konsep pengelolaan merupakan bagian integral dalam bidang teknologi pembelajaran dan dari peran kebanyakan para teknolog pembelajaran. Banyak teknolog pembelajaran memegang jabatan yang jelas-jelas memerlukan fungsi pengelolaan. Misalnya, seorang ahli yang bertugas sebagai ahli media pada sebuah sekolah/Perguruan Tinggi. Orang ini bertanggung jawab atas keseluruhan program pusat media tersebut. Program-program yang dilakukan oleh mereka itu dapat sangat berbeda, akan tetapi keterampilan dasar yang diperlukan untuk mengelola program tersebut tetap sama. Keterampilan yang dimaksud meliputi pengorganisasian program, supervisi personil, perencanaan, pengadministrasian dana dan fasilitas, serta pelaksanaan perubahan.
Kawasan pengelolaan semula berasal dari administrasi pusat media, program media dan pelayanan media. Terjadi pembauran perpustakaan dengan program media menjadi pusat dan ahli perpustakaan media sekolah yang mempunyai program menggabungkan media cetak  dan non cetak, sehingga terjadi peningkatan penggunaan sumber sumber tehnological dalam kurikulum.

B.     Kategori Kawasan Pengelolaan
Definisi AECT tahun 1977 pembagian fungsi pengelolaan menjadi (1) pengelolaan organisasi, (2) Pengelolaan personil. Dengan semakin rumitnya praktek pengelolaan maka Pengelolaan dibagi menjadi empat kategori dalam kawasan pengelolaan : pengelolaan proyek, pengelolaan sumber, pengelolaan sistem penyampaian dan pengelolaan informasi.
Kawasan Pengelolaan
Pengelolaan Proyek
Pengelolaan Sumber
Pengelolaan sistem penyampaian
Pengelolaan sistem informasi
Gambar 1. Kawasan Pengelolaan

Dalam sub kategori tersebut masing masing mempunyai tugas yang sama antara lain (caffrela, 1993) :
1)    Bidang organisasi     : Seleksi, Pengangkatan personil , supervisi dan penilaian
2)    Bidang keuangan : Perencanaan anggaran, justifikasi dan pemantauan, pembelian dan pertanggungjawaban
3)    Bidang sarana : Perencanaan, Pengembangan dan pemeliharaan fasilitas
4)    Pengelola : membuat perencanaan jangka pendek dan jangka panjang

1.    Pengelolaan proyek
Pengelolaan proyek meliputi perencanaan, monitoring, dan pengendalian proyek desain dan pengembangan. Tanggung jawab pengelola proyek : perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian fungsi desain pembelajaran atau jenis-jenis proyek yang lain. Dengan melakukan negosiasi, menyusun anggaran , membentuk sistem pemantauan informasi serta menilai kemajuan. Peran pengelolaan projek biasanya berhubungan dengan cara mengatasi ancaman projek dan memberi saran perubahan ke dalam.

2.    Pengelolaan Sumber
Pengelolaan sumber mencakup perencanaan, pemantauan, dan pengendalian sistem pendukung dan pelayanan sumber. Pengelolaan sumber sangat penting karena mengatur pengendalian akses. Pengertian sumber dapat mencakup personil, keuangan, bahan baku, waktu, fasilitas, dan sumber pembelajaran. Efektifitas biaya dan justifikasi belajar yang efektif merupakan dua karakteristik penting dari pengelolaan sumber.

3.    Pengelolaan sistem penyampaian
Pengelolaan sistem penyampaian meliputi perencanaan, pemantauan, pengendalian “cara bagaimana distribusi bahan pembelajaran diorganisasikan… Hal tersebut merupakan suatu gabungan medium dan cara penggunaan yang dipakai dalam menyajikan informasi pembelajaran kepada pemelajar” (Ellington dan Haris, 1986 : 47). Pengelolaan sistem penyampaian memberikan perhatian pada permasalahan produk seperti persyaratan perangkat keras/lunak dan dukungan teknis terhadap pengguna maupun operator, serta permasalahan proses seperti pedoman bagi desainer dan instruktur. Pengambilan keputusan harus berdasarkan pada kesesuaian karakteristik teknologi dengan tujuan pembelajaran. Keputusan tentang penngelolaan sistem penyampaian ini sering tergantung pada sistem pengelolaan sumber.

4.    Pengelolaan informasi
Pengelolaan informasi meliputi perencanaan, pemantauan, dan pengendalian cara penyimpanan, pengiriman/pemindahan atau pemprosesan informasi dalam rangka tersedianya sumber untuk kegiatan belajar.
Pengelolaan informasi penting untuk memberikan akses dan keakraban pemakai. Pentingnya pengelolaan informasi terletak pada potensinya untuk mengadakan revolusi kurikulum dan aplikasi desain pembelajaran. Pengelolaan sistem penyimpanan informasi untuk tujuan pembelajaran tetap akan merupakan komponen penting dari bidang Teknologi Pembelajaran

C.     Kecenderungan dan Permasalahan
Tuntutan Peningkatan kualitas dari dunia industri akan berpengaruh pada dunia pendidikan yang  akan berdampak pada kawasan pengelolaan, sehingga perlu inovasi, peningkatan kinerja dan pengelolaan kualitas. Tentunya hal ini merupakan tantangan bagi para pengelola untuk memaksimalkan sumber-sumber yang ada secara baik. Perkembangan sistem informasi akan berpengaruh pada teknologi pembelajaran berbasis teknologi informasi.

BAB III
PENUTUP


A.     KESIMPULAN
1.      Konsep pengelolaan merupakan bagian integral dalam bidang teknologi pembelajaran
2.      Keterampilan  yang harus dimiliki oleh seorang teknolog pembelajaran meliputi pengorganisasian program, supervisi personil, perencanaan, pengadministrasian dana dan fasilitas, serta pelaksanaan perubahan.
3.      Empat kategori dalam kawasan pengelolaan : pengelolaan proyek, pengelolaan sumber, pengelolaan sistem penyampaian dan pengelolaan informasi
4.      Pengeloaan proyek
5.      Pengelolaan sumber mencakup personil, keuangan, bahan baku, waktu, fasilitas, dan sumber pembelajaran.
6.      Pengeloaan sistem penyampaian perhatian pada persyaratan produk perangkat keras/lunak dan dukungan teknis terhadap pengguna maupun operator, serta permasalahan pedoman bagi desainer dan instruktur supaya desain produknya sesuai antara karakteristik teknologi dengan tujuan pembelajaran
7.      Pengeloaan informasi berperan dalam revolusi kurikulum dan aplikasi desain pembelajaran

B.     SARAN
Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap perkembangan teknologi pendidikan. Kawasan pengelolaan yang berwenang dalam pembuatan proyek peroduk pembelajaran perlu berbenah dengan mengikuti permintaan dunia industry dengan mengembangkan teknologi pembelajaran berbasis teknologi informasi.

Comments


Ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

Dowload Tugas Semester 1

Orientasi Baru dalam Pembelajaran
# Resume Buku Landasan Pendidikan (UTS)
BAB 1 s.d 8 (lengkap)

# Resume buku
Kelompok 1 (Revolusi belajar jilid II)
---> Presentasi : Senin, 04 April 2011
---> Powerpoint bab 8 & 9, 10 & 11, 12 & 13, 14 & 15

Kelompok 2 (Revolusi belajar jilid I)
---> Presentasi : Senin, 18 April 2011
---> Powerpoint pendahuluan & bab 1, 2, 3, 4-5, 6-7
---> catatan moderator (tanya jawab) atau klik disini

Kelompok 3 (Quantum Quatient)
--> Presentasi : Senin, 30 Mei 2011
--> word : Resume 1-6
--> powerpoint : bab 1-2, 3, 4, 5-6, SQ
--> catatan moderator : Tanya jawab

Kelompok 4 (Double Your Brain Power)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1, 2, 3

Kelompok 5 (Belajar Cerdas Berbasiskan Otak)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1&2, 3, 4 awal, 4 akhir

Download Materi Semester 2

Konteks Sosial Budaya, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
1. Perihal konteks sosial budaya
2. (pendidikan dan pengajaran) dalam perspektif antropologi
3. Konteks Sosbud 4 Psikologi
4. Konteks sosbud 5 sosiologi
5. Konteks sosbud 6 sosiologi(teori humanism
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
1. Teknologi Pendidikan
Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

Download Tugas Semester 2

Pengembangan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Makalah kelompok 1. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 2. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 3. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
Makalah kelompok 1. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 2. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 3. word + ppt
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Makalah kelompok 6(1). word + ppt
Makalah kelompok 7(2) word + ppt1 + ppt2
Makalah kelompok 8(3) word + ppt
Makalah kelompok 9(4) word + ppt
Makalah kelompok 10(5) word + ppt1 + ppt2
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Proposal thesis kelompok 1. word + ppt
Proposal thesis kelompok 2. word + ppt
Proposal thesis kelompok 3. word + ppt

Download Materi Semester 3

Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Silabus
Landasan TP_definisi 2004
Strategi & Media Pembelajaran
Desain Pembelajaran dan Pelatihan
Kontrak Perkuliahan
Prinsip Pembalajaran & Motivasi Belajar
Pengembangan Kurikulum
Pengembangan Kurikulum

Bank Soal UTS dan UAS

SEMESTER 1 (Feb - Jun 2011)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (metlit)
2. UTS dan UAS Pak Rusmana (statistik)
dan Jawaban UTS + [Soal tugas dan Jawaban tugas persiapan UAS]
3. UTS dan UAS Pak Bambang (filsafat)
4. UTS dan UAS Pak Nandang (OBP)

SEMESTER 2 (Agst 2011 - Jan 2012)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (sosbud)
2. UTS dan UAS Pak Romly (Klts TP & TKP)
3. UTS dan UAS Pak Soleh (Konsep TPm)
4. UTS dan UAS Pak Benny (Karya ilmiah)

Semester 3 (Februari - Juni 2012)
1. UTS dan UAS Pak Budi
2. UTS dan UAS Pak Uwes
3. UTS dan UAS Pak Robinson
4. UTS dan UAS Pak Hadi
5. UTS dan UAS Bu Martini