Keluarga Besar Kelas E Angkatan VI di PUSTEKKOM, 15 Desember 2011
(nupus, iyob, dewi, ina, esa, endang, ria, aina, khatib, samsudin, saripudin,
pemandu dari PUSTEKKOM, haryadi, mamad, didin, mamat, hazairin)
(pak deni, pak sabik & bu neneng tidak ada difoto)


Model Pengembangan Manusia dari Sisi Sosiologi


model pengembangan manusia dari sisi sosiologi
Pemikiran dan Konsep Orville G. Brim, dan Stanton Wheeler.Socialization after Childhood: Two Essays.
 Materi Kuliah Oleh : Prof. Dr. Sihabudin, M.Si


PENGANTAR
}        Manusia sebagai makhluk sosial, Ia tidak pernah bisa hidup seorang diri.
}        Ia perlu berinteraksi dengan orang-orang lain untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
}        Manusia sebagai makhluk  yang paling sempurna memiliki bentuk fisik dan anggota-anggota badan yang semuanya diarahkan kepada pencapaian kebutuhan untuk dapat hidup dan bertahan hidup.

Sosialisasi
}        Dalam perkembangan hidupnya manusia di dalam masyarakat menduduki status, fungsi, peranan, dan tanggung jawab.
}        Agar manusia dalam perkembangannya bisa survival (hidup dan berkembang) maka manusia harus dapat bersosialisasi dengan masyarakatnya. 
}        Sosialisasi adalah proses yang dilakukan manusia untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan watak (kepribadian).
}        Sosialisasi sebagai proses pendidikan bagi anggota “baru” agar cepat dapat menyesuaikan diri dengan kelompok dan dapat berperilaku yang dapat diterima oleh kelompok lain.

Pengembangan ”Self-Other System

}        Sosialisasi pada masa kanak-kanak tidak cukup bekal untuk menjalani kehidupan yang lebih kompleks.
}        Oleh karena itu diperlukan resosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Setelah hidup bermasyarakat maka frekuensi bertemu (kontak) dengan orang lain akan lebih tinggi, hubungan antar individu akan lebih komplek,
}        Oleh karena itu perlu pengembangan sistem diri dan orang lain yang ada dalam suatu sistem sosial.

Kepribadian
}        Setelah terjun dalam kehidupan bermasyarakat, seseorang dituntut dapat memiliki suatu kepribadian yang sebagian besar diasah melalui interaksi sosial dengan masyarakat yang ada di lingkungan tempat hidupnya.
}        Kepribadian adalah suatu perangkat yang dipelajari dari orang lain karena adanya interaksi sosial.  Sepanjang proses sosialisasi ini manusia terus belajar.

Ada tiga hal yang berhubungan dengan sistem interaksi seorang
yaitu: “I-Them”; “They-Me”; dan “I-Me”.
}        I-Them (Saya dan Mereka)
Pada masa kanak-kanak “Saya” memiliki kehidupan yang berbeda dengan “Mereka”. Apa yang saya lakukan tidak ada hubungannya dengan apa yang mereka lakukan. 
 }        They-Me” (Mereka adalah Saya)
Pada masa remaja, saya mulai menyadari diluar diri saya ada mereka.  Saya adalah bagian dari mereka. Saya memiliki fungsi dan peran yang berhubungan dengan fungsi dan peran mereka. Disini ada proses belajar, ada pencarian siapa sebenarnya saya.
 }        I-Me” (Saya adalah Saya)
Pada masa dewasa saya telah menemukan siapa sebenarnya saya. Saya adalah saya, yang berbeda dengan mereka, saya memiliki jati diri (identitas). Jati diri ini yang akan membawa saya pada kehidupan yang lebih baik, hidup lebih layak dan bahagia.

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan sebelum seseorang merasakan perannya
secara lebih baik, yaitu:
  1. Ia harus tahu apa yang diharapkan orang dari dirinya
  2. Ia harus dapat menemukan dan melaksanakan peran yang diperlukan
  3. Ia harus berkeinginan untuk membiasakan perilaku yang sesuai dengan apa yang diharapkan
 Ada enam hal  perubahan dari isi sosialisasi:
  1. Motivasi dan nilai terhadap perilaku
  2. Tambahan materi baru terhadap nilai-nilai dari materi yang lama
  3. Idealisme dan realisme.
Idealisme  adalah sebuah pandangan metafisis yakni ajaran tentang realitas. Sebagai manusia dewasa ada tuntutan untuk lebih realistis dan mengesampingkan idealisme masa kanak-kanak.
  1. Pemecahan konflik. Pada tipe ini perubahan di fokuskan dengan mengajarkan individu untuk menengahi tuntutan konflik, misalnya konflik dalam berbagai peran. Alasan mengapa konflik harus di pelajari, yaitu:
a.  untuk membiasakan pada suatu realitas sosial bahwa konflik terjadi di sekitar merek.
b.  menyiapkan pada kompleksitas dari peran yang akan di lakukan pada potensi konflik yang lebih besar
  1. Peningkatan dalam ketegasan
Perubahan dimensi dari keadaan umum menjadi lebih spesifik. Contoh: penekanan pada perbedaan jenis kelamin
  1. Perubahan komponen ”aku”.
 Penerapan Konsep Sosialisasi Brim Dalam Teori Belajar
}        Perbaikan Individu
            Melalui  proses sosialisasi, seseorang:
(1)   dapat mengetahui hal-hal yang diharapkan darinya (perilaku ataupun nilai),
(2)   mampu memenuhi tugas tersebut dan
(3)   berkeinginan untuk mempraktekkannya. Dengan demikian tujuan sosialisasi adalah agar individu yang bersangkutan memperoleh pengetahuan, kemampuan dan motivasi.

asumsi dasar
}        Brim berasumsi bahwa manusia dalam perjalanan hidupnya harus berinteraksi dengan masyarakat. Sehingga manusia sebagai mahluk sosial akan selalu mengalami proses sosialisasi selama kehidupannya.
}        Dengan proses sosialisasi dalam masyarakat seseorang dapat menjadi warga yang  memiliki kemampuan (ability).
}         Namun,  proses sosialisasi tidak selamanya berjalan mulus karena dalam prosesnya sering terjadi lompatan-lompatan, penyimpangan yang rumit karena terjadi perubahan tempat, situasi, teknologi dan lain sebagainya

program  belajar
}        Untuk mengembangkan program belajar pada masyarakat, maka diperlukan proses sosialisasi yang harus dilakukan oleh masyarakat dan didukung oleh pemerintah.
}        Proses sosialisasi ini penting karena proses sosialisasi pada masa anak-anak yang di dapat dikeluarga tidak cukup dan tidak memadai untuk dijadikan bekal hidup kehidupan selanjutnya.
} Proses sosialisasi pada masa remaja dan dewasa lebih diarahkan pada keadaan yang realistis yakni melihat manusia apa adanya.

Comments


Ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

Dowload Tugas Semester 1

Orientasi Baru dalam Pembelajaran
# Resume Buku Landasan Pendidikan (UTS)
BAB 1 s.d 8 (lengkap)

# Resume buku
Kelompok 1 (Revolusi belajar jilid II)
---> Presentasi : Senin, 04 April 2011
---> Powerpoint bab 8 & 9, 10 & 11, 12 & 13, 14 & 15

Kelompok 2 (Revolusi belajar jilid I)
---> Presentasi : Senin, 18 April 2011
---> Powerpoint pendahuluan & bab 1, 2, 3, 4-5, 6-7
---> catatan moderator (tanya jawab) atau klik disini

Kelompok 3 (Quantum Quatient)
--> Presentasi : Senin, 30 Mei 2011
--> word : Resume 1-6
--> powerpoint : bab 1-2, 3, 4, 5-6, SQ
--> catatan moderator : Tanya jawab

Kelompok 4 (Double Your Brain Power)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1, 2, 3

Kelompok 5 (Belajar Cerdas Berbasiskan Otak)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1&2, 3, 4 awal, 4 akhir

Download Materi Semester 2

Konteks Sosial Budaya, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
1. Perihal konteks sosial budaya
2. (pendidikan dan pengajaran) dalam perspektif antropologi
3. Konteks Sosbud 4 Psikologi
4. Konteks sosbud 5 sosiologi
5. Konteks sosbud 6 sosiologi(teori humanism
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
1. Teknologi Pendidikan
Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

Download Tugas Semester 2

Pengembangan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Makalah kelompok 1. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 2. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 3. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
Makalah kelompok 1. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 2. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 3. word + ppt
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Makalah kelompok 6(1). word + ppt
Makalah kelompok 7(2) word + ppt1 + ppt2
Makalah kelompok 8(3) word + ppt
Makalah kelompok 9(4) word + ppt
Makalah kelompok 10(5) word + ppt1 + ppt2
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Proposal thesis kelompok 1. word + ppt
Proposal thesis kelompok 2. word + ppt
Proposal thesis kelompok 3. word + ppt

Download Materi Semester 3

Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Silabus
Landasan TP_definisi 2004
Strategi & Media Pembelajaran
Desain Pembelajaran dan Pelatihan
Kontrak Perkuliahan
Prinsip Pembalajaran & Motivasi Belajar
Pengembangan Kurikulum
Pengembangan Kurikulum

Bank Soal UTS dan UAS

SEMESTER 1 (Feb - Jun 2011)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (metlit)
2. UTS dan UAS Pak Rusmana (statistik)
dan Jawaban UTS + [Soal tugas dan Jawaban tugas persiapan UAS]
3. UTS dan UAS Pak Bambang (filsafat)
4. UTS dan UAS Pak Nandang (OBP)

SEMESTER 2 (Agst 2011 - Jan 2012)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (sosbud)
2. UTS dan UAS Pak Romly (Klts TP & TKP)
3. UTS dan UAS Pak Soleh (Konsep TPm)
4. UTS dan UAS Pak Benny (Karya ilmiah)

Semester 3 (Februari - Juni 2012)
1. UTS dan UAS Pak Budi
2. UTS dan UAS Pak Uwes
3. UTS dan UAS Pak Robinson
4. UTS dan UAS Pak Hadi
5. UTS dan UAS Bu Martini