Keluarga Besar Kelas E Angkatan VI di PUSTEKKOM, 15 Desember 2011
(nupus, iyob, dewi, ina, esa, endang, ria, aina, khatib, samsudin, saripudin,
pemandu dari PUSTEKKOM, haryadi, mamad, didin, mamat, hazairin)
(pak deni, pak sabik & bu neneng tidak ada difoto)


Tugas dan Materi Prinsip-prinsip PEMBELAJARAN & MOTIVASI BELAJAR (pak Robinson)

Senin, 12 Maret 2012
Slide powerpoint dapat didownload disini
Sumber :  Perkuliahan Dr. Robinson Situmorang

Prinsip-prinsip
PEMBELAJARAN & MOTIVASI BELAJAR
  1. Respon Akan Diulang, Bila Akibat Yang Ditimbulkan Menyenangkan
    Implikasinya : Pembelajaran Harus  Menyenangkan
                            Pemberian Umpan Balik Harus Positif
  2. Prilaku Belajar Tidak Hanya Akibat Dari Respon,  Tetapi  Juga Pengaruh Kondisi Lingkungan Siswa
    Implikasinya  :  Lingkungan Belajar Harus Kondusif
                              Penggunanaan Metode,  Media  Yang  Bervariasi
  3. Prilaku Yang Dihasilkan  Akan Berku-Rang Bila Tidak Diperkuat Dgn  Akibat  Yang Menyenangkan
    Implikasinya  :  Pemberian Isi Pelajaran Harus Bermakna Dalam Kehidupan Siswa Sehari- Hari (Berbasis Kompetensi)
  4. Belajar Yg Terbatas Akan Ditransfer Kesituasi Lain Secara Terbatas Pula
    Implikasinya  :  Kegiatan Belajar Harus Dikaitkan Dengan:
                              * Kondisi Yang Nyata 
                              * Lingkungan
                              * Kehidupan Sehari-Hari
  5. Belajar Menggeneralisasi Dan Membedakan Adalah Dasar Untuk Belajar Yang Kompleks
    Implikasinya  :  Penyajian Materi:
                             * Harus Sistematis
                             * Menggunakan Contoh Maupun Non-Contoh
  6. Kesiapan  Mental  Mempengaruhi Perhatian  Dan Ketekunan Selama Proses Belajar Berlangsung
    Implikasinya  :  Perlu Menarik Perhatian Peserta Selama Pembelajaran Berlangsung Melalui Penggunaan:
    Metode
    Media
  7. Kegiatan Belajar Yang Dibagi Kecil-Kecil  Disertai  Cara  Penyelesaian Untuk Setiap Langkah Akan   Mempercepat  Pencapaian  Tujuan  Belajar
    Implikasinya  :  Penggunaan Buku Teks Terprogram, Modul Dan Paket Belajar  Lainnya
  8. Kebutuhan Menyederhanakan MaterimYang Kompleks Dapat Dilakukan Dgn Menggunakan Suatu Model 
    Implikasinya  :  Penggunaan Media Dan Metode Pembelajaran Secara Tepat
                              Penggunaan Model-Model Pembelajaran
  9. Keterampilan Tingkat Tinggi Pada Dasarnya Terbentuk Dari Keterampilan Yang Sederhana
    Implikasinya  :  Dianalisis  Agar Belajar Menjadi Sistematis
  10. Belajar Akan Lebih Cepat  Bila Siswa Memperoleh Umpan Balik Dan Cara Meningkatkannya
    Implikasinya  :  Tujuan Pembelajaran Harus Dianalisis  Agar Belajar Menjadi Sistematis
  11. Perkembangan Dan Kecepatan Siswa Dalam Belajar Sangat Bervariasi
    Implikasinya  :  Perlu adanya strategi pembelajaran yang efektif
                              Perlu Penyediaan Materi Yang Dirancang Secara Individual 
                              Memberi Kesempatan Kepada Peserta Maju Sesuai Kemampuannya
  12. Dengan Persiapan Yang  Baik Siswa Dapat Mengorganisasikan Kegiatan Belajarnya Sendiri
    Implikasinya  :  Memberi Kesempatan Bagi Siswa Memilih Cara,Waktu Dan Sumber Belajar Yang
    akan digunakannya

Model Pengembangan Motivasi Belajar
ARCS Model
Attention     :  Perhatian (Menarik Perhatian)
                     * baru
                     * aneh / unik
                     * kontradiktif
                     * kompleks               
Relevance    :  Relevansi
                     *  sesuai kebutuhan
                     *  bermanfaat
Confidence  :  Kepercayaan diri
Satisfaction  :  Kepuasan

TUGAS KELOMPOK

  1. Membuat makalah penerapan setiap prinsip pembelajaran dalam pembelajaran mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan.
  2. Banyak halaman makalah adalah 10 - 15 halaman
  3. Setiap tugas dipresentasikan.
  4. Individu yang presentasi akan ditunjuk seketika
  5. Untuk setiap individu harus siap dengan powerpoint min. 5 slide



Comments


Ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

Dowload Tugas Semester 1

Orientasi Baru dalam Pembelajaran
# Resume Buku Landasan Pendidikan (UTS)
BAB 1 s.d 8 (lengkap)

# Resume buku
Kelompok 1 (Revolusi belajar jilid II)
---> Presentasi : Senin, 04 April 2011
---> Powerpoint bab 8 & 9, 10 & 11, 12 & 13, 14 & 15

Kelompok 2 (Revolusi belajar jilid I)
---> Presentasi : Senin, 18 April 2011
---> Powerpoint pendahuluan & bab 1, 2, 3, 4-5, 6-7
---> catatan moderator (tanya jawab) atau klik disini

Kelompok 3 (Quantum Quatient)
--> Presentasi : Senin, 30 Mei 2011
--> word : Resume 1-6
--> powerpoint : bab 1-2, 3, 4, 5-6, SQ
--> catatan moderator : Tanya jawab

Kelompok 4 (Double Your Brain Power)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1, 2, 3

Kelompok 5 (Belajar Cerdas Berbasiskan Otak)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1&2, 3, 4 awal, 4 akhir

Download Materi Semester 2

Konteks Sosial Budaya, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
1. Perihal konteks sosial budaya
2. (pendidikan dan pengajaran) dalam perspektif antropologi
3. Konteks Sosbud 4 Psikologi
4. Konteks sosbud 5 sosiologi
5. Konteks sosbud 6 sosiologi(teori humanism
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
1. Teknologi Pendidikan
Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

Download Tugas Semester 2

Pengembangan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Makalah kelompok 1. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 2. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 3. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
Makalah kelompok 1. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 2. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 3. word + ppt
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Makalah kelompok 6(1). word + ppt
Makalah kelompok 7(2) word + ppt1 + ppt2
Makalah kelompok 8(3) word + ppt
Makalah kelompok 9(4) word + ppt
Makalah kelompok 10(5) word + ppt1 + ppt2
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Proposal thesis kelompok 1. word + ppt
Proposal thesis kelompok 2. word + ppt
Proposal thesis kelompok 3. word + ppt

Download Materi Semester 3

Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Silabus
Landasan TP_definisi 2004
Strategi & Media Pembelajaran
Desain Pembelajaran dan Pelatihan
Kontrak Perkuliahan
Prinsip Pembalajaran & Motivasi Belajar
Pengembangan Kurikulum
Pengembangan Kurikulum

Bank Soal UTS dan UAS

SEMESTER 1 (Feb - Jun 2011)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (metlit)
2. UTS dan UAS Pak Rusmana (statistik)
dan Jawaban UTS + [Soal tugas dan Jawaban tugas persiapan UAS]
3. UTS dan UAS Pak Bambang (filsafat)
4. UTS dan UAS Pak Nandang (OBP)

SEMESTER 2 (Agst 2011 - Jan 2012)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (sosbud)
2. UTS dan UAS Pak Romly (Klts TP & TKP)
3. UTS dan UAS Pak Soleh (Konsep TPm)
4. UTS dan UAS Pak Benny (Karya ilmiah)

Semester 3 (Februari - Juni 2012)
1. UTS dan UAS Pak Budi
2. UTS dan UAS Pak Uwes
3. UTS dan UAS Pak Robinson
4. UTS dan UAS Pak Hadi
5. UTS dan UAS Bu Martini