Slide Power point dapat didownload di sini
Sumber slide : http://www.teknologipendidikan.net/
Strategi Pembelajaran
(smaldino, dkk. 2008)
• Presentasi
• Demonstrasi
• Drill & Praktek
• Tutorial/bimbingan
• Strategi berpusat pada Siswa
• Diskusi
• Permainan
• Simulasi
• Pemecahan masalah
• Pembelajaran kooperatif
Media Pembelajaran
• Segala sesuatu yang dapat menyampaikan pesan (Gagne)
• all the materials and physical means an instructor might use to implement instruction and facilitate students' achievement of instructional objectives. This may include traditional materials such as chalkboards, handouts, charts, slides, overheads, real objects, and videotape or film, as well newer materials and methods such as computers, DVDs, CD-ROMs, the Internet, and interactive video conferencing. (Craig L. Scanlan)
Ragam Media Pembelajaran (Smaldino dkk)
• DISPLAY FORMATS :
• CHALK BOARDS, WHITEBOARDS, FLIPCHARTS
• AUDIO MEDIA
• CASSETTES, CDS
• NON-PROJECTED VISUALS
• REALIA, STILL PICTURES, GRAPHIC MATERIALS, REAL OBJECTS
• PROJECTED VISUALS
• OVERHEAD PROJECTION, FILMSTRIPS, SLIDES PRESENTATION
• VIDEO AND FILMS
• VIDEO, FILM, VCD, DVD
• MULTIMEDIA KITS
• SOUND-SLIDES,
• ELECTRONIC DISTRIBUTION SYSTEMS
• RADIO, TELEVISION
• GAMES & SIMULATIONS
Kapan Penggunaan Teacher-Centered Strategy?
Ketika | Maka …Strategi | Contoh kemungkinan media |
Siswa perlu penjelasan umum | Presentasi | Text, simbol, poster, whiteboard, spidol, grafik, slide, flipchart, chlakboard, alat peraga, globe |
Siswa perlu mengamati terlebih dahulu sebelum mencoba/menerapkan | Demonstrasi | Vkit, video, puzzle, kartu, torso, real object, model, |
Siswa perlu mereview dan mempraktekkan | Drill & Practice | Alat bahan praktikum, LKS, LDS, handout, |
Siswa perlu bimbingan dalam beberapa hal tertentu | Tutorial | Modul, CD, leaflet, LKS, soal, buku, lembar kerja, messenger, handphone, sms, |
Kapan Penggunaan Student-Centered Strategy?
Ketika | Maka …Strategi | Contoh kemungkinan media |
Siswa perlu dilatih berlatih berpikir kritis/mendalami topik dengan tanya jawab | Diskusi | Simbol, icon, gambar, koran, slide, |
Optimalisasi pembelajaran diperlukan melalui kerjasama sosial/kelompuk dan menghasilkan produk | Pembelajaran kooperatif | Real object, puzzle, kit, kartu, model, alat |
Siswa perlu mereview dan mempraktekan apa yang telah dipelajari secara menyenangkan | Permainan | Puzzle, software permainan CD-interaktif, komputer, orang, |
Siswa perlu mengaplikasikan pengetahuan dalam situasi nyata | Simulasi | Benda sebenarnya, model, kit, orang |
Siswa perlu dilatih untuk memecahkan masalah | Problem Solving | Lembar kerja, modul, portofiolio, dll |
praktek pemilihan media berdasarkan karakteristik strategi pembelajaran
Working group
Latihan Pemilihan Media yg Relevan
Tujuan | Media yang relevan |
Menunjukkan gerak/proses | ? |
Menunjukkan suara/meniru/menghasilkan | ? |
Menunjukkan gambar nyata | ? |
Pengayaan setelah pelajaran | ? |
Memungkinkan siswa berinteraksi | ? |
Digunakan untuk belajar mandiri | ? |
Memungkinkan siswa mengendalikan sendiri | ? |
Memungkinkan siswa menyentuh dan merasakan sendiri secara langsung | ? |
Mudah dimodifikasi | ? |
Mudah direkam | ? |
Membentuk sikap | ? |
Menyajikan problem solving | ? |
? | |
? |
Tugas Terstruktur 1:
menentukan strategi pembelajaran
- Kerjakan secara kelompok
- Pilih salah satu topik pembelajaran
- Rumuskan dua tujuan pembelajaran khusus
- Tentukan strategi dan media pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan tersebut dalam bentuk prosedur pembelajaran
- Dibahas dan didiskusikan dalam pertemuan minggu depan!