Keluarga Besar Kelas E Angkatan VI di PUSTEKKOM, 15 Desember 2011
(nupus, iyob, dewi, ina, esa, endang, ria, aina, khatib, samsudin, saripudin,
pemandu dari PUSTEKKOM, haryadi, mamad, didin, mamat, hazairin)
(pak deni, pak sabik & bu neneng tidak ada difoto)


Silabus matakuliah TIK dalam Pendidikan

Senin, 5 Maret 2012
diunduh tanggal 8 Maret 2012 waktu : 05.42

Silabus

 MATA KULIAH
 
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan


Dosen:
Dr. Hadi Sutopo, MM.Si

  
Program Studi Teknologi Pembelajaran
Program Pascasarjana Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa
Serang, Banten
2012
 


 
DESKRIPSI MATA KULIAH

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran, yaitu: (1) dari pelatihan dan penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke "online" atau saluran, (4) dari hasil latihan fisik ke jaringan kerja dan (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Penerapan dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan dan pembelajaran merupaan langkah strategis dalam menyongsong masa depan bangsa Indonesia dan sebagai upaya meningkatka akses serta mutu layanan pendidikan kepada masyarakat. Mata kuliah ini akan menyajikan dan menganalisis konsep teknologi informasi dan komunkasi dalam pembelajaran, mengadopsi hasil inovasi teknologi informasi dan komunikasi dalam mengembangkan prosedur pembelajaran, penerapan konsep dan prinsip serta cara kerja hasil inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.

TUJUAN MATA KULIAH

Mahasiswa dapat memahami teknologi informasi dan komunikasi, perangkat keras dan perangkat lunak istem komputer, jaringan komputer, infrastruktur multimedia, dan mampu mengembangkan produk multimedia dan web site untuk pembelajaran

ORGANISASI MATA KULIAH DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

Pert
Topik
Topik Esensial
Kegiatan
1
Menjelaskan Kontrak Perkuliahan
Menjelaskan pergeseran paradigma pembelajaran dan paradigma baru PT
Kontrak Perkuliahan
Pergeseran paradigma pembelajaran dan paradigma baru PT
Dsn+Mhs
2
Menjelaskan sejarah perkembangan TIK dalam pendidikan
Perkembangan TIK dalam Pendidikan
Dsn+Mhs
3
Menjelaskan Teknologi Informasi dan Komunikasi 
Hardware, System Software, Application Software, Bahasa Pemrograman, dan Database
Dsn+Mhs
4
Menjelaskan fungsi TIK sebagai media pembelajaran dan sumber belajar
Mengidentifikasi TIK dalam kawasan penelitian teknologi pendidikan
Fungsi TIK sebagai media pembelajaran dan sumber belajar
TIK dalam kawasan penelitian teknologi pendidikan
Dsn+Mhs
5
Menerapkan TIK dalam pembelajaran
PenerapanTIK (CBL) dalam Pembelajaran (of-line dan on-line)
Dsn+Mhs
6
Menjelaskan karakteristik multimedia
Objek multimedia
Aplikasi multimedia
Aspek artistik dalam multimedia
SDM pengembang multimedia
Dsn+Mhs
7
UJIAN TENGAH SEMESTER

Mhs
8
Menjelaskan metode pengembangan aplikasi multimedia
Authoring system
Multimedia Development Life Cycle(MDLC)
Adobe Flash
Dsn+Mhs
9
Menjelaskan pengembangan aplikasi multimedia dengan Flash
Animasi gambar dan teks
ActionScript dasar, action interaktif, movie
Publish movie
Dsn+Mhs
10-11
Menjelaskan jaringan komputer
Menerapkan TIK dalam Pendidikan Jarak Jauh
Menjelaskan metode pengembangan Web site
Perangkat komunikasi, infrastruktur jaringan komputer, dan jaringan internet
Web site Development Life Cycle (WDLC)
Graphical User Interface
Dsn+Mhs
12-13
Mengembangkan produk pembelajaran berbasis Web
Pendaftaran domain name 
Upload file
Mhs
14
UJIAN AKHIR SEMESTER

Mhs

 

DAFTAR TUGAS, HASIL DAN BOBOT

No
Nama Tugas
Jenis Tugas
Hasil
Bobot
1
Pengembangan sistem informasi dalam pendidikan
Tugas individu
Makalah sedang 15-20 halaman
20
3
Pengembangan Produk Pembelajaran Berbasis Multimedia
Tugas Individu
Setiap individu menghasilkan satu produk pembelajaran berbasis Multimedia
40
4
Pengembangan Produk Pembelajaran Berbasis Web
Tugas Individu
Setiap individu membuat "blog" untuk pembelajaran atau Web-based learning
40

 

STRATEGI PERKULIAHAN

Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan metode dan pendekatan yang bervariasi, seperti metode ceramah dan diskusi kelompok/kelas atau presentasi. Sementara pendekatan yang digunakan dalam bentuk blenden learning meliputi kuliah tatap muka (pertemuan dalam kelas) dan kuliah online..

 

 PENILAIAN

Penilaian akhir adalah sebagai berikut:

Nilai
Mutu

80% - 100%
A

70% - 79%
B

60% - 69%
C

Kurang dari 60%
TL
.

DAFTAR PUSTAKA


Dabbagh, Nada & Brenda Bannan-Ritlkand. (2005). Online Learning Concept, Strategies, and Applicatoion. Upper Saddle River, NJ: PearsonPrentice Hall.
Brink, Tom et. al. (2002). Designing Web sites that Work - Usability for the Web. London: Morgan Kaufmann Publisher. 
Budiardjo, Bagio (1991). Komputer dan Masyarakat. Jakarta: Elex Media Komputindo
Capron, H.L. (2000). Computers: Tools for An Information Age Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall
Sampurna. (1996). Belajar Sendiri Membuat Homepage dengan HTML. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sells, Barbara C., Rickey, Rita C., (2004), Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field. Washington D.C., AECT.
Shelly, Garry B, Thomas J. Castman & Misty E Vermant. (2009). Discovering Computers. Singapore: Thomson.
Smaldino, Sharon E., James D. Russell, Robert Heinich, Michael Molenda. (2007)., Instructional Technology and Media for Learning. New Yersey: Person Education, Inc.
Sutopo, Ariesto Hadi (2002). Pengantar Grafika Komputer. Yogyakarta: Gava Media.
Sutopo, Ariesto Hadi (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutopo, Ariesto Hadi. Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Graha Ilmu. 2012
Tian Belawati (1999), Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.
Vaughan, Tay. (2006). Multimedia Making It Work. Yogyakarta: Penerbit Andi

Comments


Ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

Dowload Tugas Semester 1

Orientasi Baru dalam Pembelajaran
# Resume Buku Landasan Pendidikan (UTS)
BAB 1 s.d 8 (lengkap)

# Resume buku
Kelompok 1 (Revolusi belajar jilid II)
---> Presentasi : Senin, 04 April 2011
---> Powerpoint bab 8 & 9, 10 & 11, 12 & 13, 14 & 15

Kelompok 2 (Revolusi belajar jilid I)
---> Presentasi : Senin, 18 April 2011
---> Powerpoint pendahuluan & bab 1, 2, 3, 4-5, 6-7
---> catatan moderator (tanya jawab) atau klik disini

Kelompok 3 (Quantum Quatient)
--> Presentasi : Senin, 30 Mei 2011
--> word : Resume 1-6
--> powerpoint : bab 1-2, 3, 4, 5-6, SQ
--> catatan moderator : Tanya jawab

Kelompok 4 (Double Your Brain Power)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1, 2, 3

Kelompok 5 (Belajar Cerdas Berbasiskan Otak)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1&2, 3, 4 awal, 4 akhir

Download Materi Semester 2

Konteks Sosial Budaya, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
1. Perihal konteks sosial budaya
2. (pendidikan dan pengajaran) dalam perspektif antropologi
3. Konteks Sosbud 4 Psikologi
4. Konteks sosbud 5 sosiologi
5. Konteks sosbud 6 sosiologi(teori humanism
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
1. Teknologi Pendidikan
Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

Download Tugas Semester 2

Pengembangan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Makalah kelompok 1. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 2. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 3. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
Makalah kelompok 1. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 2. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 3. word + ppt
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Makalah kelompok 6(1). word + ppt
Makalah kelompok 7(2) word + ppt1 + ppt2
Makalah kelompok 8(3) word + ppt
Makalah kelompok 9(4) word + ppt
Makalah kelompok 10(5) word + ppt1 + ppt2
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Proposal thesis kelompok 1. word + ppt
Proposal thesis kelompok 2. word + ppt
Proposal thesis kelompok 3. word + ppt

Download Materi Semester 3

Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Silabus
Landasan TP_definisi 2004
Strategi & Media Pembelajaran
Desain Pembelajaran dan Pelatihan
Kontrak Perkuliahan
Prinsip Pembalajaran & Motivasi Belajar
Pengembangan Kurikulum
Pengembangan Kurikulum

Bank Soal UTS dan UAS

SEMESTER 1 (Feb - Jun 2011)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (metlit)
2. UTS dan UAS Pak Rusmana (statistik)
dan Jawaban UTS + [Soal tugas dan Jawaban tugas persiapan UAS]
3. UTS dan UAS Pak Bambang (filsafat)
4. UTS dan UAS Pak Nandang (OBP)

SEMESTER 2 (Agst 2011 - Jan 2012)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (sosbud)
2. UTS dan UAS Pak Romly (Klts TP & TKP)
3. UTS dan UAS Pak Soleh (Konsep TPm)
4. UTS dan UAS Pak Benny (Karya ilmiah)

Semester 3 (Februari - Juni 2012)
1. UTS dan UAS Pak Budi
2. UTS dan UAS Pak Uwes
3. UTS dan UAS Pak Robinson
4. UTS dan UAS Pak Hadi
5. UTS dan UAS Bu Martini