Senin, 5 Maret 2012
Sumber : http://elearning.topazart.info
diunduh tanggal 8 Maret 2012 waktu : 05.42
Silabus
Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Dosen:
Dr. Hadi Sutopo, MM.Si
Program Studi Teknologi Pembelajaran
Program Pascasarjana Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa
Serang, Banten
2012
DESKRIPSI MATA KULIAH
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran, yaitu: (1) dari pelatihan dan penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke "online" atau saluran, (4) dari hasil latihan fisik ke jaringan kerja dan (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Penerapan dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan dan pembelajaran merupaan langkah strategis dalam menyongsong masa depan bangsa Indonesia dan sebagai upaya meningkatka akses serta mutu layanan pendidikan kepada masyarakat. Mata kuliah ini akan menyajikan dan menganalisis konsep teknologi informasi dan komunkasi dalam pembelajaran, mengadopsi hasil inovasi teknologi informasi dan komunikasi dalam mengembangkan prosedur pembelajaran, penerapan konsep dan prinsip serta cara kerja hasil inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
TUJUAN MATA KULIAH
Mahasiswa dapat memahami teknologi informasi dan komunikasi, perangkat keras dan perangkat lunak istem komputer, jaringan komputer, infrastruktur multimedia, dan mampu mengembangkan produk multimedia dan web site untuk pembelajaran
ORGANISASI MATA KULIAH DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Pert | Topik | Topik Esensial | Kegiatan |
1 | Menjelaskan Kontrak Perkuliahan Menjelaskan pergeseran paradigma pembelajaran dan paradigma baru PT | Kontrak Perkuliahan Pergeseran paradigma pembelajaran dan paradigma baru PT | Dsn+Mhs |
2 | Menjelaskan sejarah perkembangan TIK dalam pendidikan | Perkembangan TIK dalam Pendidikan | Dsn+Mhs |
3 | Menjelaskan Teknologi Informasi dan Komunikasi | Hardware, System Software, Application Software, Bahasa Pemrograman, dan Database | Dsn+Mhs |
4 | Menjelaskan fungsi TIK sebagai media pembelajaran dan sumber belajar Mengidentifikasi TIK dalam kawasan penelitian teknologi pendidikan | Fungsi TIK sebagai media pembelajaran dan sumber belajar TIK dalam kawasan penelitian teknologi pendidikan | Dsn+Mhs |
5 | Menerapkan TIK dalam pembelajaran | PenerapanTIK (CBL) dalam Pembelajaran (of-line dan on-line) | Dsn+Mhs |
6 | Menjelaskan karakteristik multimedia | Objek multimedia Aplikasi multimedia Aspek artistik dalam multimedia SDM pengembang multimedia | Dsn+Mhs |
7 | UJIAN TENGAH SEMESTER | | Mhs |
8 | Menjelaskan metode pengembangan aplikasi multimedia | Authoring system Multimedia Development Life Cycle(MDLC) Adobe Flash | Dsn+Mhs |
9 | Menjelaskan pengembangan aplikasi multimedia dengan Flash | Animasi gambar dan teks ActionScript dasar, action interaktif, movie Publish movie | Dsn+Mhs |
10-11 | Menjelaskan jaringan komputer Menerapkan TIK dalam Pendidikan Jarak Jauh Menjelaskan metode pengembangan Web site | Perangkat komunikasi, infrastruktur jaringan komputer, dan jaringan internet Web site Development Life Cycle (WDLC) Graphical User Interface | Dsn+Mhs |
12-13 | Mengembangkan produk pembelajaran berbasis Web | Pendaftaran domain name Upload file | Mhs |
14 | UJIAN AKHIR SEMESTER | | Mhs |
DAFTAR TUGAS, HASIL DAN BOBOT
No | Nama Tugas | Jenis Tugas | Hasil | Bobot |
1 | Pengembangan sistem informasi dalam pendidikan | Tugas individu | Makalah sedang 15-20 halaman | 20 |
3 | Pengembangan Produk Pembelajaran Berbasis Multimedia | Tugas Individu | Setiap individu menghasilkan satu produk pembelajaran berbasis Multimedia | 40 |
4 | Pengembangan Produk Pembelajaran Berbasis Web | Tugas Individu | Setiap individu membuat "blog" untuk pembelajaran atau Web-based learning | 40 |
STRATEGI PERKULIAHAN
Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan metode dan pendekatan yang bervariasi, seperti metode ceramah dan diskusi kelompok/kelas atau presentasi. Sementara pendekatan yang digunakan dalam bentuk blenden learning meliputi kuliah tatap muka (pertemuan dalam kelas) dan kuliah online..
PENILAIAN
Penilaian akhir adalah sebagai berikut:
| Nilai | Mutu |
| 80% - 100% | A |
| 70% - 79% | B |
| 60% - 69% | C |
| Kurang dari 60% | TL |
.
DAFTAR PUSTAKA
Dabbagh, Nada & Brenda Bannan-Ritlkand. (2005). Online Learning Concept, Strategies, and Applicatoion.Upper Saddle River , NJ : PearsonPrentice Hall.
Brink, Tom et. al. (2002). Designing Web sites that Work - Usability for the Web.London : Morgan Kaufmann Publisher.
Budiardjo, Bagio (1991). Komputer dan Masyarakat.Jakarta : Elex Media Komputindo
Capron, H.L. (2000). Computers: Tools for An InformationAge Upper Saddle River , NJ : Prentice Hall
Sampurna. (1996). Belajar Sendiri Membuat Homepage dengan HTML.Jakarta : Elex Media Komputindo.
Sells, Barbara C., Rickey, Rita C., (2004), Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field.Washington D.C. , AECT.
Shelly, Garry B, Thomas J. Castman & Misty E Vermant. (2009). Discovering Computers.Singapore : Thomson.
Smaldino, Sharon E., James D. Russell, Robert Heinich, Michael Molenda. (2007)., Instructional Technology and Media for Learning. New Yersey: Person Education, Inc.
Sutopo, Ariesto Hadi (2002). Pengantar Grafika Komputer.Yogyakarta : Gava Media.
Sutopo, Ariesto Hadi (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash.Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sutopo, Ariesto Hadi. Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Graha Ilmu. 2012
Tian Belawati (1999), Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh.Jakarta : Universitas Terbuka.
Vaughan , Tay . (2006). Multimedia Making It Work. Yogyakarta : Penerbit Andi
Dabbagh, Nada & Brenda Bannan-Ritlkand. (2005). Online Learning Concept, Strategies, and Applicatoion.
Brink, Tom et. al. (2002). Designing Web sites that Work - Usability for the Web.
Budiardjo, Bagio (1991). Komputer dan Masyarakat.
Capron, H.L. (2000). Computers: Tools for An Information
Sampurna. (1996). Belajar Sendiri Membuat Homepage dengan HTML.
Sells, Barbara C., Rickey, Rita C., (2004), Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field.
Shelly, Garry B, Thomas J. Castman & Misty E Vermant. (2009). Discovering Computers.
Smaldino, Sharon E., James D. Russell, Robert Heinich, Michael Molenda. (2007)., Instructional Technology and Media for Learning. New Yersey: Person Education, Inc.
Sutopo, Ariesto Hadi (2002). Pengantar Grafika Komputer.
Sutopo, Ariesto Hadi (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash.
Sutopo, Ariesto Hadi. Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Graha Ilmu. 2012
Tian Belawati (1999), Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh.