Keluarga Besar Kelas E Angkatan VI di PUSTEKKOM, 15 Desember 2011
(nupus, iyob, dewi, ina, esa, endang, ria, aina, khatib, samsudin, saripudin,
pemandu dari PUSTEKKOM, haryadi, mamad, didin, mamat, hazairin)
(pak deni, pak sabik & bu neneng tidak ada difoto)


Kontrak Perkuliahan Desain Pembelajaran



Senin, 5 Maret 2012
KONTRAK PERKULIAHAN



MATA KULIAH


DESAIN PEMBELAJARAN



                                  DOSEN: 
Dr. ROBINSON SITUMORANG, M.Pd.



www.ut.ac.id
DESKRIPSI  MATA KULIAH
Matakuliah Desain Pembelajaran ini adalah matakuliah dengan kosentrasi pada perancangan pembelajaran sampai kepada dihasilkannya sebuah rancangan pembelajaran yang siap pakai. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, kegiatan perancangan yang ada diteruskan sampai dihasilkannya produk pembelajaran. Untuk mencapai kompetensi tersebut, secara garis besar materi yang akan diberikan meliputi: desain pembelajaran yang dimulai dari identifikasi kebutuhan pembelajaran dan merumuskan tujuan, analisis instruksional, analisis kebutuhan peserta didik, merumuskan tujuan instruksional, menyusun tes acuan patokan, menyusun strategi pembelajaran, mengembangkan bahan ajar, dan melakukan evaluasi formatif.  
Pada akhir perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa diharuskan mengembangkan satu set bahan pembelajaran sebagai produk akhirnya. Semuanya dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa tentang Desain Pembelajaran, sebagai bagian dari kawasan teknologi pendidikan. Oleh karena itu matakuliah ini memilki komposisi    40 % teori dan 60% praktek.

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM (TUJUAN MATA KULIAH)

Setelah mengikuti mata kuliah Desain Pembelajaran, mahasiswa dapat melakukan rancang bangun program pembelajaran secara sistematis dan sistemik.

ORGANISASI MATERI DAN STRATEGI PERKULIAHAN  


PERT

Tujuan Instruksional Khusus


Topik Esensial

Keg. Perkuliahan

Dosen

Mhs.

1-2
Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran
Prinsip-prinsip pembelajaran

v

v

3
Menjelaskan pembelajaran sebagai system dan berbagai model pengembangan sistem instruksional
Pembelajaran sebagai sistem

v

v

4
Mengidentifikasi kebutuhan dan perumusan Tujuan Instruksional Umum
Identifikasi kebutuhan dan perumusan tujuan
v
v


5

Melakukan analisis intruksional dan karakteristik peserta didik

Analisis Instruksional dan karakteristik peserta didik
v
v
6
Merumuskan Tujuan Instruksional Khusus  
Tujuan Instrusional Khusus  
v
v

7-8
Mengembangkan TAP & Strategi Pembelajaran
TAP dan Strategi Pembelajaran
v
v

9-11
Mengembangakan bahan pembelajarab  
Pengembangan Bahan Pembelajaran
v
v

12-13
Melakukkan Uji Coba dan Evaluasi Fomatif
Uji Coba dan Evaluasi Formtif
v
v
14-15
Mendesiminasikan produk pembelajaran

Desiminasi Program Pembelajaran
v
v

DAFTAR TUGAS, HASIL, DAN BOBOT


No.

NAMA TUGAS

JENIS TUGAS

HASIL


BOBOT
1.

Prinsip-prinsip pembelajaran

Penerapan setiap prinsip pembelajaran dalam pembelajaran mulai dari perenca-naan sampai pelak-sanaan
Makala kecil 10-15 halaman
(Tugas Kelompok)

10

2.
Konsep Dasar Pengembangan Sistem Instruksional
Pengertian Sistem Instruksional dan Model-model Sistem Instruksional
Makala kecil 10-15 halaman
(Tugas Kelompok)
10


3.

Identifikasi Kebutuhan dan Perumusan TIU

Melakukan kunjungan ke sekolah dalam rangka analisis kebutuhan pembelajaran

Makala sedang 15-20 halaman. Membuat analisis kebutuhan dan merumuskan TIU mata pelajaran.
(Tugas Individu)

10


4.
Analisis Instruksional dan perumusan TIK
Melakukan analisis instruksional dan merumuskan TIK
Peta kompetensi Mata pelajaran dan rumusan TIK.
(Tugas Individu)

20
5.

Tes Acuan Patokan
  Mengembangkan kisi-kisi tes acuan patokan dan satu set THB.
Kisi-kisi Tes dan satu set THB. untuk mata pelajaran yang dikembangkan
(Tugas Individu)

10


6.
Strategi Pembelajaran
Mengembangkan strategi pembelajaran
Satu strategi pembelajaran yang dibtuhkan untuk pencapaian tujuan pembelajaran (TIK)
(Tugas Individu)
10


7.
Bahan Pembelajaran
Mengembangak Bahan Pembelajaran
Setiap Kelompok mengembangakan set bahan pembelajaran lengkap dengan media, dan instrumen uji coba
produk yang di kembangkan.
(Tugas Individu)

30
Setiap tugas dipresentasikan. Individu yang presentasi akan ditunjuk seketika. Untuk itu setiap individu harus siap dengan Power Point, minimal 5 slide.
KRITERIA PENILAIAN:

80%      -      100%     =  A 
70%      -         79%    =  B
60%      -         69%    =  C
Kurang dari    60%    =  TL

 SUMBER PUSTAKA


Anderson, Lorin W., Krathwohl, David R., (Editor), A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objctives. New York: Addison Weslay Longman, Inc., 2001.

Association for Educational Communications and Technology, Defenition and Glossary of Term,  New York: AECT, 2004

Barbara, Seels B. and Rita, Richey C., Teknologi Pembelajaran. Jakarta: UNJ, 1994.

Bloom, Benyamis S., Taxonomy of Education Objectives. Handbook I: Cognitive Domain. New York: Longman, Inc., 1956.

David R. Krathwohl, Benyamis S. Bloom, and Bertram B. Masia, Taxonomy of Education Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook II: Affective Domain. New York: Longman Inc., 1964.

Dryden, Gordon  and Vos, Jeannette, The Learning Revolution. New Zealand: The Learning Web., 2008.

Dick, Walter and Carey, Lou, The Systematic Desing of Instruction (7rd). Glenview, Illinois: Scoot, Foresman  and Company, 2011

Harrow and Anita J., A Taxonomy  of  the Psychomotor Domain: A Guide for Developing Behavioral Objectives. New York: David Mc Kay Company, Inc., 1972.

Heinch, Robert, Molenda, Michael and Russell, James D., Instructional Media. New York: Macmillan Publishing Company, 2005.

Reigeluth, Charles M., Instructional-Design Theories and Models. New Jersey: Lawrence Elbaum Associates, Inc, Publisher, 2007.

Suparman, Atwi, Desain Instruksional. Jakarta: PAU-UT, 2008.

Comments


Ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

Dowload Tugas Semester 1

Orientasi Baru dalam Pembelajaran
# Resume Buku Landasan Pendidikan (UTS)
BAB 1 s.d 8 (lengkap)

# Resume buku
Kelompok 1 (Revolusi belajar jilid II)
---> Presentasi : Senin, 04 April 2011
---> Powerpoint bab 8 & 9, 10 & 11, 12 & 13, 14 & 15

Kelompok 2 (Revolusi belajar jilid I)
---> Presentasi : Senin, 18 April 2011
---> Powerpoint pendahuluan & bab 1, 2, 3, 4-5, 6-7
---> catatan moderator (tanya jawab) atau klik disini

Kelompok 3 (Quantum Quatient)
--> Presentasi : Senin, 30 Mei 2011
--> word : Resume 1-6
--> powerpoint : bab 1-2, 3, 4, 5-6, SQ
--> catatan moderator : Tanya jawab

Kelompok 4 (Double Your Brain Power)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1, 2, 3

Kelompok 5 (Belajar Cerdas Berbasiskan Otak)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1&2, 3, 4 awal, 4 akhir

Download Materi Semester 2

Konteks Sosial Budaya, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
1. Perihal konteks sosial budaya
2. (pendidikan dan pengajaran) dalam perspektif antropologi
3. Konteks Sosbud 4 Psikologi
4. Konteks sosbud 5 sosiologi
5. Konteks sosbud 6 sosiologi(teori humanism
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
1. Teknologi Pendidikan
Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

Download Tugas Semester 2

Pengembangan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Makalah kelompok 1. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 2. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 3. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
Makalah kelompok 1. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 2. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 3. word + ppt
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Makalah kelompok 6(1). word + ppt
Makalah kelompok 7(2) word + ppt1 + ppt2
Makalah kelompok 8(3) word + ppt
Makalah kelompok 9(4) word + ppt
Makalah kelompok 10(5) word + ppt1 + ppt2
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Proposal thesis kelompok 1. word + ppt
Proposal thesis kelompok 2. word + ppt
Proposal thesis kelompok 3. word + ppt

Download Materi Semester 3

Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Silabus
Landasan TP_definisi 2004
Strategi & Media Pembelajaran
Desain Pembelajaran dan Pelatihan
Kontrak Perkuliahan
Prinsip Pembalajaran & Motivasi Belajar
Pengembangan Kurikulum
Pengembangan Kurikulum

Bank Soal UTS dan UAS

SEMESTER 1 (Feb - Jun 2011)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (metlit)
2. UTS dan UAS Pak Rusmana (statistik)
dan Jawaban UTS + [Soal tugas dan Jawaban tugas persiapan UAS]
3. UTS dan UAS Pak Bambang (filsafat)
4. UTS dan UAS Pak Nandang (OBP)

SEMESTER 2 (Agst 2011 - Jan 2012)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (sosbud)
2. UTS dan UAS Pak Romly (Klts TP & TKP)
3. UTS dan UAS Pak Soleh (Konsep TPm)
4. UTS dan UAS Pak Benny (Karya ilmiah)

Semester 3 (Februari - Juni 2012)
1. UTS dan UAS Pak Budi
2. UTS dan UAS Pak Uwes
3. UTS dan UAS Pak Robinson
4. UTS dan UAS Pak Hadi
5. UTS dan UAS Bu Martini