Senin, 5 Maret 2012
KONTRAK PERKULIAHANMATA KULIAH
DESAIN PEMBELAJARAN
DOSEN: Dr. ROBINSON SITUMORANG, M.Pd. |
Matakuliah Desain Pembelajaran ini adalah matakuliah dengan kosentrasi pada perancangan pembelajaran sampai kepada dihasilkannya sebuah rancangan pembelajaran yang siap pakai. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, kegiatan perancangan yang ada diteruskan sampai dihasilkannya produk pembelajaran. Untuk mencapai kompetensi tersebut, secara garis besar materi yang akan diberikan meliputi: desain pembelajaran yang dimulai dari identifikasi kebutuhan pembelajaran dan merumuskan tujuan, analisis instruksional, analisis kebutuhan peserta didik, merumuskan tujuan instruksional, menyusun tes acuan patokan, menyusun strategi pembelajaran, mengembangkan bahan ajar, dan melakukan evaluasi formatif.
Pada akhir perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa diharuskan mengembangkan satu set bahan pembelajaran sebagai produk akhirnya. Semuanya dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada mahasiswa tentang Desain Pembelajaran, sebagai bagian dari kawasan teknologi pendidikan. Oleh karena itu matakuliah ini memilki komposisi 40 % teori dan 60% praktek.
TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM (TUJUAN MATA KULIAH)
Setelah mengikuti mata kuliah Desain Pembelajaran, mahasiswa dapat melakukan rancang bangun program pembelajaran secara sistematis dan sistemik.
ORGANISASI MATERI DAN STRATEGI PERKULIAHAN
PERT | Tujuan Instruksional Khusus | Topik Esensial | Keg. Perkuliahan | ||
Dosen | Mhs. | ||||
1-2 | Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran | Prinsip-prinsip pembelajaran | v | v | |
3 | Menjelaskan pembelajaran sebagai system dan berbagai model pengembangan sistem instruksional | Pembelajaran sebagai sistem | v | v | |
4 | Mengidentifikasi kebutuhan dan perumusan Tujuan Instruksional Umum | Identifikasi kebutuhan dan perumusan tujuan | v | v | |
5 | Melakukan analisis intruksional dan karakteristik peserta didik | Analisis Instruksional dan karakteristik peserta didik | v | v | |
6 | Merumuskan Tujuan Instruksional Khusus | Tujuan Instrusional Khusus | v | v | |
7-8 | Mengembangkan TAP & Strategi Pembelajaran | TAP dan Strategi Pembelajaran | v | v | |
9-11 | Mengembangakan bahan pembelajarab | Pengembangan Bahan Pembelajaran | v | v | |
12-13 | Melakukkan Uji Coba dan Evaluasi Fomatif | Uji Coba dan Evaluasi Formtif | v | v | |
14-15 | Mendesiminasikan produk pembelajaran | Desiminasi Program Pembelajaran | v | v |
DAFTAR TUGAS, HASIL, DAN BOBOT
No. | NAMA TUGAS | JENIS TUGAS | HASIL | BOBOT |
1. | Prinsip-prinsip pembelajaran | Penerapan setiap prinsip pembelajaran dalam pembelajaran mulai dari perenca-naan sampai pelak-sanaan | Makala kecil 10-15 halaman (Tugas Kelompok) | 10 |
2. | Konsep Dasar Pengembangan Sistem Instruksional | Pengertian Sistem Instruksional dan Model-model Sistem Instruksional | Makala kecil 10-15 halaman (Tugas Kelompok) | 10 |
3. | Identifikasi Kebutuhan dan Perumusan TIU | Melakukan kunjungan ke sekolah dalam rangka analisis kebutuhan pembelajaran | Makala sedang 15-20 halaman. Membuat analisis kebutuhan dan merumuskan TIU mata pelajaran. (Tugas Individu) | 10 |
4. | Analisis Instruksional dan perumusan TIK | Melakukan analisis instruksional dan merumuskan TIK | Peta kompetensi Mata pelajaran dan rumusan TIK. (Tugas Individu) | 20 |
5. | Tes Acuan Patokan | Mengembangkan kisi-kisi tes acuan patokan dan satu set THB. | Kisi-kisi Tes dan satu set THB. untuk mata pelajaran yang dikembangkan (Tugas Individu) | 10 |
6. | Strategi Pembelajaran | Mengembangkan strategi pembelajaran | Satu strategi pembelajaran yang dibtuhkan untuk pencapaian tujuan pembelajaran (TIK) (Tugas Individu) | 10 |
7. | Bahan Pembelajaran | Mengembangak Bahan Pembelajaran | Setiap Kelompok mengembangakan set bahan pembelajaran lengkap dengan media, dan instrumen uji coba produk yang di kembangkan. (Tugas Individu) | 30 |
Setiap tugas dipresentasikan. Individu yang presentasi akan ditunjuk seketika. Untuk itu setiap individu harus siap dengan Power Point, minimal 5 slide.
KRITERIA PENILAIAN:
80% - 100% = A
70% - 79% = B
60% - 69% = C
Kurang dari 60% = TL
SUMBER PUSTAKA
Association for Educational Communications and Technology, Defenition and Glossary of Term, New York : AECT, 2004
Barbara, Seels B. and Rita, Richey C., Teknologi Pembelajaran. Jakarta : UNJ, 1994.
Bloom, Benyamis S., Taxonomy of Education Objectives. Handbook I: Cognitive Domain. New York : Longman, Inc., 1956.
David R. Krathwohl, Benyamis S. Bloom, and Bertram B. Masia, Taxonomy of Education Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook II: Affective Domain. New York : Longman Inc., 1964.
Dryden, Gordon and Vos, Jeannette, The Learning Revolution. New Zealand : The Learning Web., 2008.
Dick, Walter and Carey, Lou, The Systematic Desing of Instruction (7rd). Glenview , Illinois : Scoot, Foresman and Company, 2011
Heinch, Robert, Molenda, Michael and Russell, James D., Instructional Media. New York : Macmillan Publishing Company, 2005.
Reigeluth, Charles M., Instructional-Design Theories and Models. New Jersey : Lawrence Elbaum Associates, Inc, Publisher, 2007.