Senin, 5 Maret 2012
MATA KULIAH
Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Dosen:
Uwes A. Chaeruman
Program Studi Teknologi Pembelajaran
Program Pascasarjana Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa
Serang, Banten
2012Deskripsi Umum
• Pengembangan Media dan Pengelolaan Pusat Sumber Belajar merupakan salah satu mata kuliah kekhususan dalam program studi teknologi pembelajaran untuk membekali calon magister pendidikan dalam bidang teknologi pembelajaran dalam memilih, mengembangkan, menentukan, memanfaatkan dan mengelola berbagai media dan sumber belajar untuk menunjang optimalisasi proses dan produk pembelajaran.
• Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep belajar dan pembelajaran sebagai landasan, dikaitkan dengan komunikasi pembelajaran yang mutlak membutuhkan aneka media serta sumber belajar yang relevan serta pengembangan, pemenfaatan dan pengelolaannya baik dalam setting persekolahan maupun non-persekolahan (corporate)
• Dengan demikian, ruang lingkup perkuliahan meliputi konsep belajar dan pembelajaran, pengembangan media pembelajaran serta pengelolaan pusat sumber belajar yang juga dikaitkan dengan trend perkembangan technology modern serta penerapannya dalam pembelajaran
Analisis Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
• Umum:
mahasiswa PPs Prodi TPm UNTIRTA:
– Secara kelompok, dapat mengembangkan salah satu jenis media pembelajaran tertentu yang relevan untuk menunjang suatu strategi pembelajaran tertentu.
– Secara kelompok, dapat merancang suatu Pusat Sumber Belajar yang relevan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan suatu tingkat satuan pendidikan tertentu.
• Khusus:
Mahasiswa PPs UNTIRTA Prodi TPm, dapat:
– menjelaskan konsep belajar dan pembelajaran dengan baik,
– menjelaskan peran penting aneka media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran dengan baik
– menjelaskan karakteristik berbagai jenis media dan sumber belajar dengan baik
– menilai, memilih dan menentukan media dan sumber belajar yang relevan untuk kebutuhan pembelajaran tertentu
– menjelaskan konsep pusat sumber belajar dengan baik
– menjelaskan prinsip pengelolaan dan pengembangan pusat sumber belajar
Topik dan Strategi Pembelajaran
Pertemuan | Topik | Strategi |
Pertemuan 1 | Overview perkuliahan | Brainstorming, diskusi, presentasi dosen |
Pertemuan 2 | Media, sumber belajar dan pembelajaran | Ceramah interaktif, video show, diskusi |
Pertemuan 3 | Media pembelajaran dan karakteristiknya | Demonstrasi (realia), case study, diskusi |
Pertemuan 4 | Sumber belajar dan karakteristiknya | Case study, diskusi |
Pertemuan 5 | Prinsip pemilihan dan pengembangan media dan sumber belajar | Presentasi dosen, Studi kasus, dan diskusi |
Pertemuan 6 | Pusat Sumber Belajar | Presentasi dosen, studi kasus |
Pertemuan 7 | Mid Term Test | |
Pertemuan 8 | Pengembangan dan Pengelolaan Pusat Sumber Belajar | Presentasi Dosen, Diskusi |
Pertemuan 9 & 10 | Pengembangan media pembelajaran: Desain | Workshop Kelompok dan Diskusi (Peer Review) |
Pertemuan 11 & 12 | Perancangan Pusat Sumber Belajar | Workshop Kelompok dan Diskusi (Peer Review) |
Pertemuan 13 & 14 | Pengembangan Media Pembelajaran: Evaluasi | Demonstrasi Kelompol (Work Gallery ) dan Peer Review |
Pertemuan 15 & 16 | Evaluasi Rancangan Pusat Sumber Belajar | Presentasi Kelompok dan Peer Review |
Pertemuan 17 | Review perkuliahan | Presentasi dosen dan diskusii |
Pertemuan 18 | Final Test |
Tagihan dan Penilaian
• (20%) Tugas Individu Terstruktur – kajian buku
• (15%) Hasil Akhir Tugas Kerja Kelompok:
– Pengembangan media pembelajaran
– Rancangan Pusat Sumber Belajar
• (20%) Presentasi Proyek/Hasil Kerja Kelompok
– Pengembangan media pembelajaran
– Rancangan Pusat Sumber Belajar
• (25%) Kehadiran
• (10%) Mid Test
• (10%) Final Test
Literatur
Rujukan Utama:
• Sharon , E. Smaldino , dkk, (2008) “Instructional Technology and Media for Learning”, Ninth Edition, Pearson/Prentice Hall, New Jersey, USA
Rujukan Penunjang:
• AECT. The definitin of educational technology. Washington DC . 1977.
• Yusufhadi Miarso. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana, 2008
• Romiszowski. The Selection and Use of Instuctional Media. New York : Nichols Publishing, 1988
• Uwes A. Ch, dkk, (2008), Panduan Pengembangan Software Pembelajaran, Direktorat Pembinaan SMA, Depdiknas
• Resources based Learning ……