Keluarga Besar Kelas E Angkatan VI di PUSTEKKOM, 15 Desember 2011
(nupus, iyob, dewi, ina, esa, endang, ria, aina, khatib, samsudin, saripudin,
pemandu dari PUSTEKKOM, haryadi, mamad, didin, mamat, hazairin)
(pak deni, pak sabik & bu neneng tidak ada difoto)


Silabus Mata Kuliah Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar




Senin, 5 Maret 2012

Silabus


MATA KULIAH


Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar


Dosen:

Uwes A. Chaeruman



Program Studi Teknologi Pembelajaran
Program Pascasarjana Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa
Serang, Banten
2012


Deskripsi Umum
         Pengembangan Media dan Pengelolaan Pusat Sumber Belajar merupakan salah satu mata kuliah kekhususan dalam program studi teknologi pembelajaran untuk membekali calon magister pendidikan dalam bidang teknologi pembelajaran dalam memilih, mengembangkan, menentukan, memanfaatkan dan mengelola berbagai media dan sumber belajar untuk menunjang optimalisasi proses dan produk pembelajaran.
         Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep belajar dan pembelajaran sebagai landasan, dikaitkan dengan komunikasi pembelajaran yang mutlak membutuhkan aneka media serta sumber belajar yang relevan serta pengembangan, pemenfaatan dan pengelolaannya baik dalam setting persekolahan maupun non-persekolahan (corporate)
         Dengan demikian, ruang lingkup perkuliahan meliputi konsep belajar dan pembelajaran, pengembangan media pembelajaran serta pengelolaan pusat sumber belajar yang juga dikaitkan dengan trend perkembangan technology modern serta penerapannya dalam pembelajaran

Analisis Kompetensi

 Tujuan Pembelajaran 
         Umum:
mahasiswa PPs Prodi TPm UNTIRTA:
        Secara kelompok, dapat mengembangkan salah satu jenis media pembelajaran tertentu yang relevan untuk menunjang suatu strategi pembelajaran tertentu.
        Secara kelompok, dapat merancang suatu Pusat Sumber Belajar yang relevan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan suatu tingkat satuan pendidikan tertentu.
         Khusus:
Mahasiswa PPs UNTIRTA Prodi TPm, dapat:
        menjelaskan konsep belajar dan pembelajaran dengan baik,
        menjelaskan peran penting aneka media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran dengan baik
        menjelaskan karakteristik berbagai jenis media dan sumber belajar dengan baik
        menilai, memilih dan menentukan media dan sumber belajar yang relevan untuk kebutuhan pembelajaran tertentu
        menjelaskan konsep pusat sumber belajar dengan baik
         menjelaskan prinsip pengelolaan dan pengembangan pusat sumber belajar
  
Topik dan Strategi Pembelajaran 




Pertemuan
Topik
Strategi
Pertemuan 1
Overview perkuliahan
Brainstorming, diskusi, presentasi dosen
Pertemuan 2
Media, sumber belajar dan pembelajaran
Ceramah interaktif, video show, diskusi
Pertemuan 3
Media pembelajaran dan karakteristiknya
Demonstrasi (realia),  case study, diskusi
Pertemuan 4
Sumber belajar dan karakteristiknya
Case study, diskusi
Pertemuan 5
Prinsip pemilihan dan pengembangan media dan sumber belajar
Presentasi dosen, Studi kasus, dan diskusi
Pertemuan 6
Pusat  Sumber Belajar
Presentasi dosen, studi kasus
Pertemuan 7
Mid Term Test

Pertemuan 8
Pengembangan dan Pengelolaan Pusat Sumber Belajar Presentasi Dosen, Diskusi
Pertemuan 9 & 10
Pengembangan media pembelajaran:  Desain Workshop Kelompok dan Diskusi (Peer Review)
Pertemuan 11 & 12
Perancangan Pusat Sumber  Belajar Workshop Kelompok dan Diskusi (Peer Review)
Pertemuan 13 & 14
Pengembangan Media Pembelajaran: Evaluasi Demonstrasi Kelompol (Work Gallery ) dan Peer Review
Pertemuan 15  & 16
Evaluasi Rancangan Pusat Sumber Belajar Presentasi Kelompok dan Peer Review
Pertemuan 17
Review perkuliahan Presentasi dosen dan diskusii
Pertemuan 18
Final Test
Tagihan dan Penilaian
         (20%) Tugas Individu Terstruktur – kajian buku
         (15%) Hasil Akhir Tugas Kerja Kelompok:
        Pengembangan media pembelajaran
        Rancangan Pusat Sumber Belajar
         (20%) Presentasi Proyek/Hasil Kerja Kelompok
        Pengembangan media pembelajaran
        Rancangan Pusat Sumber Belajar
         (25%) Kehadiran
         (10%) Mid Test
         (10%) Final Test

Literatur 
Rujukan Utama:
         Sharon, E. Smaldino, dkk, (2008) “Instructional Technology and Media for Learning”, Ninth Edition, Pearson/Prentice Hall, New Jersey, USA
Rujukan Penunjang:
         AECT. The definitin of educational technology. Washington DC. 1977.
         Yusufhadi Miarso. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2008
         Romiszowski. The Selection and Use of  Instuctional Media. New York: Nichols Publishing, 1988
         Uwes A. Ch, dkk, (2008), Panduan Pengembangan Software Pembelajaran, Direktorat Pembinaan SMA, Depdiknas
         Resources based Learning ……
      •     Learning Resources Center that works

Comments


Ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

Dowload Tugas Semester 1

Orientasi Baru dalam Pembelajaran
# Resume Buku Landasan Pendidikan (UTS)
BAB 1 s.d 8 (lengkap)

# Resume buku
Kelompok 1 (Revolusi belajar jilid II)
---> Presentasi : Senin, 04 April 2011
---> Powerpoint bab 8 & 9, 10 & 11, 12 & 13, 14 & 15

Kelompok 2 (Revolusi belajar jilid I)
---> Presentasi : Senin, 18 April 2011
---> Powerpoint pendahuluan & bab 1, 2, 3, 4-5, 6-7
---> catatan moderator (tanya jawab) atau klik disini

Kelompok 3 (Quantum Quatient)
--> Presentasi : Senin, 30 Mei 2011
--> word : Resume 1-6
--> powerpoint : bab 1-2, 3, 4, 5-6, SQ
--> catatan moderator : Tanya jawab

Kelompok 4 (Double Your Brain Power)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1, 2, 3

Kelompok 5 (Belajar Cerdas Berbasiskan Otak)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1&2, 3, 4 awal, 4 akhir

Download Materi Semester 2

Konteks Sosial Budaya, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
1. Perihal konteks sosial budaya
2. (pendidikan dan pengajaran) dalam perspektif antropologi
3. Konteks Sosbud 4 Psikologi
4. Konteks sosbud 5 sosiologi
5. Konteks sosbud 6 sosiologi(teori humanism
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
1. Teknologi Pendidikan
Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

Download Tugas Semester 2

Pengembangan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Makalah kelompok 1. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 2. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 3. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
Makalah kelompok 1. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 2. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 3. word + ppt
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Makalah kelompok 6(1). word + ppt
Makalah kelompok 7(2) word + ppt1 + ppt2
Makalah kelompok 8(3) word + ppt
Makalah kelompok 9(4) word + ppt
Makalah kelompok 10(5) word + ppt1 + ppt2
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Proposal thesis kelompok 1. word + ppt
Proposal thesis kelompok 2. word + ppt
Proposal thesis kelompok 3. word + ppt

Download Materi Semester 3

Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Silabus
Landasan TP_definisi 2004
Strategi & Media Pembelajaran
Desain Pembelajaran dan Pelatihan
Kontrak Perkuliahan
Prinsip Pembalajaran & Motivasi Belajar
Pengembangan Kurikulum
Pengembangan Kurikulum

Bank Soal UTS dan UAS

SEMESTER 1 (Feb - Jun 2011)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (metlit)
2. UTS dan UAS Pak Rusmana (statistik)
dan Jawaban UTS + [Soal tugas dan Jawaban tugas persiapan UAS]
3. UTS dan UAS Pak Bambang (filsafat)
4. UTS dan UAS Pak Nandang (OBP)

SEMESTER 2 (Agst 2011 - Jan 2012)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (sosbud)
2. UTS dan UAS Pak Romly (Klts TP & TKP)
3. UTS dan UAS Pak Soleh (Konsep TPm)
4. UTS dan UAS Pak Benny (Karya ilmiah)

Semester 3 (Februari - Juni 2012)
1. UTS dan UAS Pak Budi
2. UTS dan UAS Pak Uwes
3. UTS dan UAS Pak Robinson
4. UTS dan UAS Pak Hadi
5. UTS dan UAS Bu Martini