Keluarga Besar Kelas E Angkatan VI di PUSTEKKOM, 15 Desember 2011
(nupus, iyob, dewi, ina, esa, endang, ria, aina, khatib, samsudin, saripudin,
pemandu dari PUSTEKKOM, haryadi, mamad, didin, mamat, hazairin)
(pak deni, pak sabik & bu neneng tidak ada difoto)


Sejarah teknologi pendidikan (materi 1 Pak Soleh)

Sejarah Teknologi Pendidikan
Oleh : H. Sholeh Hidayat

         Sejak manusia mengenal sistem pendidikan teknologi pendidikan telah menjadi fondasi bagi jalannya sistem pendidikan dan sudah ada di dunia Islam, seperti di Madrasah Nizamiyah di Bagdad pada pertengahan Islam.
         Pada masa Aristoteles, misalnya Lyceum-nya dan Akademia, teknologi pendidikan masih dalam bentuk yang sederhana.
         Era Skolastik di Barat terkenal dengan sekolah bagi biarawan dan biarawatinya tidak lepas dengan pendidikannya.

         Revolusi Pendidikan Erick Ashby, (1972).
         Revolusi pertama: Pada saat orangtua/keluarga menyerahkan sebagian tanggungjawab pendidikan kepada seseorang yang secara khusus diberi tanggung jawab untuk itu.
         Revolusi kedua: Guru diberi tanggung jawab untuk mendidik.
         Revolusi ketiga: Ditemukannya mesin cetak yang memungkinkan tersebarnya informasi iconic dan numeric  dalam bentuk buku atau media.
         Revolusi keempat: Perkembangan pesat dibidang elektronik, media komunikasi (radio, tv, tape recorder dll). Pesan-pesan disampaikan dengan lebih cepat, lebih bervariasi  dan berpotensi untuk lebih efisien bagi penerima.
          Keempat revolusi di atas terjadi, karena adanya masalah yang tidak teratasi yaitu masalah”belajar”

Sejarah Perkembangan TP
1.      Definisi awal TP (1920-1950) : Teknologi Pendidikan dipandang sebagai media  (visual film, gambar dan tampilan)
Edgar Dale : Buku Audio Visual Methods in Teaching (1946) yang menjelaskan “Cone of Experience/Kerucut Pengalaman”
2.      Definisi 1960 dan 1970: Sebagai proses/cara melihat masalah pendidikan dan menguji solusi masalah tersebut (Finn, 1960)
3.      Aplikasi ilmu pengetahuan pada praktik pendidikan (Lumsdaine(1964)
4.      Istilah teknologi pendidikan mulai digunakan sejak tahun 1963; memperoleh kontribusi Konsep Komunikasi, teori belajar, teaching machine dan Programmed Instruction
5.      Secara resmi diikrarkan oleh AECT sejak tahun 1970
6.      Inggris dan Kanada menggunakan istilah teknologi pendidikan, Amerika Serikat  Teknologi Pembelajaran (Finn:1966)


Definisi 1970
         Suatu cara sistematis dalam mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar dan pembelajaran untuk  tujuan yang spesifik berdasarkan penelitian tentang proses belajar, teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar (manusia, nonmanusia) untuk membuat pembelajaran lebih efektif.
         Mengakomodasi pengaruh Psikologi Behaviorisme BF. Skinner dan pentingnya penelitian metode dan teknik untuk mencapai tujuanpembelajaran khusus

Definisi 1972
         Suatu bidang garapan yang berkepentingan dengan memfasilitasi belajar pada manusia melalui usaha sistematis dalam identifikasi, pengembangan, mengorganisasi dan pemanfaatan berbagai macam sumber belajar serta dengan pengelolaan atas keseluruhan proses tersebut.
         Menetapkan komunikasi audiovisual sebagai bidang studi, mengembangkan gagasan TP sebagai Profesi
         Kontribusi : (1) Keluasan pemaknaan learning resources,(2) personal instruction dan (3) system approach

Definisi 1977
         Proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah, merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.
         Teknologi pendidikan sebagai suatu teori, bidang garapan dan profesi

Definisi AECT 1994
         Theory and practice of design, development, utilization, management and evaluation of processes and resources for learning (Seels & Richey)
         Mengokohkan TP sebagai suatu bidang garapan dan profesi yang perlu dilandasi teori dan praktik

Definisi AECT 2004
         Educational Technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using and managing appropriate technological process and resources

Simpulan
         TP adalah suatu disiplin ilmu, profesi dan bidang garapan
         Istilah teknologi pendidikan dipakai secara bergantian dengan teknologi pembelajaran
         Tujuan utama TP” memecahkan atau memfasilitasi masalah belajar dan meningkatkan kinerja menggunakan pendekatan sistem


         Kawasan Teknologi Pendidikan/Pembelajaran berkaitan dengan analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, implementasi dan evaluasi baik proses maupun sumber-sumber belajar
         TP tidak hanya bergerak di persekolahan akan tetapi dalam semua aktivitas manusia (keluarga, organisasi, perusahaan) TP diartikan luas: hard tech dan soft tech

Comments


Ingin membuat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini

Dowload Tugas Semester 1

Orientasi Baru dalam Pembelajaran
# Resume Buku Landasan Pendidikan (UTS)
BAB 1 s.d 8 (lengkap)

# Resume buku
Kelompok 1 (Revolusi belajar jilid II)
---> Presentasi : Senin, 04 April 2011
---> Powerpoint bab 8 & 9, 10 & 11, 12 & 13, 14 & 15

Kelompok 2 (Revolusi belajar jilid I)
---> Presentasi : Senin, 18 April 2011
---> Powerpoint pendahuluan & bab 1, 2, 3, 4-5, 6-7
---> catatan moderator (tanya jawab) atau klik disini

Kelompok 3 (Quantum Quatient)
--> Presentasi : Senin, 30 Mei 2011
--> word : Resume 1-6
--> powerpoint : bab 1-2, 3, 4, 5-6, SQ
--> catatan moderator : Tanya jawab

Kelompok 4 (Double Your Brain Power)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1, 2, 3

Kelompok 5 (Belajar Cerdas Berbasiskan Otak)
--> Pesentasi : Senin, 13 Juni 2011
--> Word : Resume komplit
--> Powerpoint : 1&2, 3, 4 awal, 4 akhir

Download Materi Semester 2

Konteks Sosial Budaya, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
1. Perihal konteks sosial budaya
2. (pendidikan dan pengajaran) dalam perspektif antropologi
3. Konteks Sosbud 4 Psikologi
4. Konteks sosbud 5 sosiologi
5. Konteks sosbud 6 sosiologi(teori humanism
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
1. Teknologi Pendidikan
Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

Download Tugas Semester 2

Pengembangan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Makalah kelompok 1. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 2. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 3. word + ppt + pertanyaan
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Landasan dan Konsep Teknologi Pembelajaran
Makalah kelompok 1. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 2. word + ppt + tanyajawab
Makalah kelompok 3. word + ppt
Makalah kelompok 4. word + ppt
Makalah kelompok 5. word + ppt
Makalah kelompok 6(1). word + ppt
Makalah kelompok 7(2) word + ppt1 + ppt2
Makalah kelompok 8(3) word + ppt
Makalah kelompok 9(4) word + ppt
Makalah kelompok 10(5) word + ppt1 + ppt2
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Proposal thesis kelompok 1. word + ppt
Proposal thesis kelompok 2. word + ppt
Proposal thesis kelompok 3. word + ppt

Download Materi Semester 3

Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar
Silabus
Landasan TP_definisi 2004
Strategi & Media Pembelajaran
Desain Pembelajaran dan Pelatihan
Kontrak Perkuliahan
Prinsip Pembalajaran & Motivasi Belajar
Pengembangan Kurikulum
Pengembangan Kurikulum

Bank Soal UTS dan UAS

SEMESTER 1 (Feb - Jun 2011)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (metlit)
2. UTS dan UAS Pak Rusmana (statistik)
dan Jawaban UTS + [Soal tugas dan Jawaban tugas persiapan UAS]
3. UTS dan UAS Pak Bambang (filsafat)
4. UTS dan UAS Pak Nandang (OBP)

SEMESTER 2 (Agst 2011 - Jan 2012)
1. UTS dan UAS Pak Sihabudin (sosbud)
2. UTS dan UAS Pak Romly (Klts TP & TKP)
3. UTS dan UAS Pak Soleh (Konsep TPm)
4. UTS dan UAS Pak Benny (Karya ilmiah)

Semester 3 (Februari - Juni 2012)
1. UTS dan UAS Pak Budi
2. UTS dan UAS Pak Uwes
3. UTS dan UAS Pak Robinson
4. UTS dan UAS Pak Hadi
5. UTS dan UAS Bu Martini