Sejarah Teknologi Pendidikan
Oleh : H. Sholeh Hidayat
• Sejak manusia mengenal sistem pendidikan teknologi pendidikan telah menjadi fondasi bagi jalannya sistem pendidikan dan sudah ada di dunia Islam, seperti di Madrasah Nizamiyah di Bagdad pada pertengahan Islam.
• Pada masa Aristoteles, misalnya Lyceum-nya dan Akademia, teknologi pendidikan masih dalam bentuk yang sederhana.
• Era Skolastik di Barat terkenal dengan sekolah bagi biarawan dan biarawatinya tidak lepas dengan pendidikannya.
• Revolusi Pendidikan Erick Ashby, (1972).
• Revolusi pertama: Pada saat orangtua/keluarga menyerahkan sebagian tanggungjawab pendidikan kepada seseorang yang secara khusus diberi tanggung jawab untuk itu.
• Revolusi kedua: Guru diberi tanggung jawab untuk mendidik.
• Revolusi ketiga: Ditemukannya mesin cetak yang memungkinkan tersebarnya informasi iconic dan numeric dalam bentuk buku atau media.
• Revolusi keempat: Perkembangan pesat dibidang elektronik, media komunikasi (radio, tv, tape recorder dll). Pesan-pesan disampaikan dengan lebih cepat, lebih bervariasi dan berpotensi untuk lebih efisien bagi penerima.
• Keempat revolusi di atas terjadi, karena adanya masalah yang tidak teratasi yaitu masalah”belajar”
Sejarah Perkembangan TP
1. Definisi awal TP (1920-1950) : Teknologi Pendidikan dipandang sebagai media (visual film, gambar dan tampilan)
Edgar Dale : Buku Audio Visual Methods in Teaching (1946) yang menjelaskan “Cone of Experience/Kerucut Pengalaman”
2. Definisi 1960 dan 1970: Sebagai proses/cara melihat masalah pendidikan dan menguji solusi masalah tersebut (Finn, 1960)
3. Aplikasi ilmu pengetahuan pada praktik pendidikan (Lumsdaine(1964)
4. Istilah teknologi pendidikan mulai digunakan sejak tahun 1963; memperoleh kontribusi Konsep Komunikasi, teori belajar, teaching machine dan Programmed Instruction
5. Secara resmi diikrarkan oleh AECT sejak tahun 1970
6. Inggris dan Kanada menggunakan istilah teknologi pendidikan, Amerika Serikat Teknologi Pembelajaran (Finn:1966)
Definisi 1970
• Suatu cara sistematis dalam mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar dan pembelajaran untuk tujuan yang spesifik berdasarkan penelitian tentang proses belajar, teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar (manusia, nonmanusia) untuk membuat pembelajaran lebih efektif.
• Mengakomodasi pengaruh Psikologi Behaviorisme BF. Skinner dan pentingnya penelitian metode dan teknik untuk mencapai tujuanpembelajaran khusus
Definisi 1972
• Suatu bidang garapan yang berkepentingan dengan memfasilitasi belajar pada manusia melalui usaha sistematis dalam identifikasi, pengembangan, mengorganisasi dan pemanfaatan berbagai macam sumber belajar serta dengan pengelolaan atas keseluruhan proses tersebut.
• Menetapkan komunikasi audiovisual sebagai bidang studi, mengembangkan gagasan TP sebagai Profesi
• Kontribusi : (1) Keluasan pemaknaan learning resources,(2) personal instruction dan (3) system approach
Definisi 1977
• Proses kompleks yang terintegrasi meliputi orang, prosedur, gagasan, sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah, merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia.
• Teknologi pendidikan sebagai suatu teori, bidang garapan dan profesi
Definisi AECT 1994
• Theory and practice of design, development, utilization, management and evaluation of processes and resources for learning (Seels & Richey)
• Mengokohkan TP sebagai suatu bidang garapan dan profesi yang perlu dilandasi teori dan praktik
Definisi AECT 2004
• Educational Technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using and managing appropriate technological process and resources”
Simpulan
• TP adalah suatu disiplin ilmu, profesi dan bidang garapan
• Istilah teknologi pendidikan dipakai secara bergantian dengan teknologi pembelajaran
• Tujuan utama TP” memecahkan atau memfasilitasi masalah belajar dan meningkatkan kinerja menggunakan pendekatan sistem
• Kawasan Teknologi Pendidikan/Pembelajaran berkaitan dengan analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, implementasi dan evaluasi baik proses maupun sumber-sumber belajar
• TP tidak hanya bergerak di persekolahan akan tetapi dalam semua aktivitas manusia (keluarga, organisasi, perusahaan) TP diartikan luas: hard tech dan soft tech