PENGEMBANGAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Oleh : H. ROMLI ARDIE
A. KONSEP DASAR
- Pengembangan adalah suatu usaha untuk mening katkan kemampuan teknis, teoretis, konseptual dan moral staf/karyawan/tendik sesuai dengan kebutuhan melalui pendidikan dan atau pelatihan.
- Pengembangan adalah,upaya untuk meningkatkan komptensi paedagogik, profesional, kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.
- Pendidik, adalah tenaga kependidikan yang berkua lifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator dan sebutan lain serta berpartisipasi dalam menyeleng garakan pendidikan
- Tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan.(Staf administrasi, Kepala sekolah, Kasi/Kabid, Kadis ).
- Pengembangan tenaga Pendidik dan tenaga Kependidikan mengcover pengembangan instruksional (instructional development) dan pengembangan organisasi (organizational development).
B. Tujuan Pengembangan
- Bermanfaat bagi individu Pendidik dan tenaga kependidikan.
- Manfaat bagi peserta didik
- Manfaat bagi institusi/lembaga pendidikan
- Manfaat bagi stake holder.
- Produktivitas meningkat
- Efesiensi dan efektivitas
- Layanan
- Karier
- Kepemimpinan/managerial
- Reward/kesejahtraan
C. Jenis Pengembangan
- Pengembangan secara informal, yaitu tenaga pendidik/kependidikan atas keinginan dan usaha sendiri melatih dan mengembangkan dirinya memalui belajar dari buku, internet, dan sumber-sumber lain.
- Pengembangan secara formal, yaitu tenaga pendidik/kependidikan ditugaskan oleh institusi untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan.
D. Metode Pengembangan
- Training (latihan)
- Education (pendidikan)
- Preservice Training
- Inservice Training
E. Metode Latihan
- On the job
- Demonstration and example
- Simulation
- Classroom Methods
- Vestibul (Latihan bagi karyawan baru , bahkan biasanya dibuat cadangan sebelum terjun kedalam kondisi sebenarnya).
TUGAS KELOMPOK
v Permasalahan-permasalahan yang dihadapi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta pemecahannya.
v Strategi Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Sekolah ( SD/SLTP/SLTA)
v Peranan Pemerintah dalam upaya Pengembangan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
v Dampak Pendidikan dan Latihan Profesi Guru di Provinsi Banten
v Manajemen Berbasis Sekolah dalam upaya pengembangan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan .